Wednesday, July 28, 2021
Home Nasional Motif Pembalasan, Kapolri: Kelompok JAD Bereaksi dengan Teror Bom dan Kerusuhan Mako...

Motif Pembalasan, Kapolri: Kelompok JAD Bereaksi dengan Teror Bom dan Kerusuhan Mako Brimob

Kapolri Jenderal, Tito Karnavian mengatakan pengebom gereja di Surabaya, Dita Oepriarto adalah pimpinan Jamaah Ansarut Daulah (JAD) di Surabaya.

“Kelompok pelaku yang ada ini, yang satu keluarga ini terkait dengan sel JAD yang ada di Surabaya, dialah ketuanya, Dita ini,” kata Tito di RS Bhayangkara Surabaya, Minggu (13/5).

Tito kerap menyebut beberapa peristiwa terkait terorisme belakangan ini didalangi oleh kelompok JAD. Pemimpin JAD Indonesia, Aman Abdurrahman saat ini sedang menjalani proses hukum.

Menurutnya, serangan di 3 gereja di Surabaya diduga sebagai pembalasan atass ditangkapnya para pemimpin mereka di Indonesia dan juga pembalasan kekalahan ISIS di Timur Tengah.

Selain, Aman Abdurrahman, ada sosok lain yang sudah ditangkap polisi.

“Namanya Zaenal Anshori. Zaenal Anshori kemudian ditangkap lagi dalam kaitan membiayai penyelundupan senjata dari Filipina oleh seorang tersangka bernama Suryadi,” katanya.

Menurutnya, motif balas dendam juga menjadi latarbelakang terjadinya kerusuhan dan penyanderaan di Mako Brimop, Depok, beberapa waktu lalu.

“Karena ditangkap pimpinan-pimpinan ini, kemudian kelompok-kelompok ini mulai beraksi untuk melakukan pembalasan. Salah satunya dengan membuat kerusuhan di rutan Mako Brimob. Jadi tidak sekadar hanya masalah makanan, tapi memang sudah ada kemarahan,” kata Tito.

Sumber : Motif Pembalasan, Kapolri: Kelompok JAD Bereaksi dengan Teror Bom dan Kerusuhan Mako Brimob
Motif Pembalasan, Kapolri: Kelompok JAD Bereaksi dengan Teror Bom dan Kerusuhan Mako Brimob
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments