Monday, October 25, 2021
Home Nasional Muhadjir Bakal Kembali Benahi Kebijakan Lima Hari Sekolah

Muhadjir Bakal Kembali Benahi Kebijakan Lima Hari Sekolah

Hari ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menghadap Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Muhadjir akan menjelaskan kepada presiden tentang kebijakan lima hari sekolah dan delapan jam sekolah yang belakangan dihujani kritik.

“Iya nanti kita klarifikasi,” demikian ucap Muhadjir kepada awak media yang ditemui di Istana Kepresidenan, Rabu (14/6).

Dirinya kemudian mengakui bakal membenahi kebijakannya tersebut. Seperti diketahui, lima hari sekolah dan delapan jam sekolah dalam sehari menurut rencana bakal diterapkan pada tahun ajaran 2017-2018 atau pada Juli mendatang.

“Ini kan juknis juga belum disusun. Saya juga ini tadi staf-staf dari Kemendikbud dengan Kemenag sudah berkoordinasi untuk mengatur petunjuk teknisnya,” katanya.

Muhadjir kepada pekerja media juga menyampaikan bahwa dirinya banyak mendapatkan arahan dari presiden soal kebijakan tersebut. Hanya saja, arahan yang diberikan Jokowi itu tak dijelaskan secara rinci oleh Muhadjir.

Gara-gara kebijakan lima hari sekolah, Kemendikbud mendapat serbuan kritik dari berbagai pihak lantaran dinilai tak tepat.

Seperti yang disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto, kebijakan Kemendikbud berpotensi melanggar Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Tak hanya itu, kebijakan tersebut pun berpeluang menabrak Pasal 51 UU Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).

Pasal tersebut berbunyi, “Pengelolaan satuan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah dilaksanakan berdasarkan standar pelayanan minimal dengan prinsip manajemen berbasis sekolah atau madrasah”.

Lagi pula, menurut dia, kebijakan yang ada sudah cukup demokratis dan memandirikan satuan-satuan pendidikan.

“Satuan pendidikan memiliki kemandirian mengembangkan pilihan model sesuai kebutuhan masyarakat dan kesiapan masing-masing sekolah atau madrasah,” kata Susanto, Senin 12 Juni 2017.

 

Sumber : Muhadjir Bakal Kembali Benahi Kebijakan Lima Hari Sekolah
Muhadjir Bakal Kembali Benahi Kebijakan Lima Hari Sekolah
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments