Wednesday, October 27, 2021
Home Nasional MUI Ajukan Keinginan Jadi Fraksi DPR, Fadli Zon: Tidak Mungkin!

MUI Ajukan Keinginan Jadi Fraksi DPR, Fadli Zon: Tidak Mungkin!

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, menyebut pembentukan fraksi khusus Majelis Ulama Indonesia (MUI) di DPR tidak mungkin dilakukan, lantaran fraksi disebut Fadli merupakan perpanjangan dari partai politik (parpol), yang pembentukannya harus sesuai dengan Undang-Undang.

“Bagaimana ya caranya? Sangat tidak mungkin. Fraksi itu perpanjangan dari parpol, ya (isinya) dari parpol saja,” ucap Fadli di Senayan, Jakarta, Kamis (27/4/2017).

Bukan fraksi, menurut Fadli, yang dapat dibentuk adalah kaukus. “Kalau ada, semacam kaukus atau kelompok, ini kan kerelaan dari anggota. Bisa lintas fraksi, sejenis kelompok lobi,” katanya lagi.

Sebelumnya, MUI memang mengungkapkan keinginannya untuk membuat fraksi tersendiri di DPR. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal MUI, Anwar Abbas.

Abbas mengungkapkan bahwa anggota MUI tidak akan maju sebagai calon legislatif dari partai politik, melainkan meminta anggota DPR untuk bergabung dengan MUI untuk mewujudkan kesejahteraan seluruh umat Islam dan juga masyarakat luas.

Abbas juga menegaskan fraksi MUI akan bekerja berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. MUI menilai selama ini UU yang disusun DPR belum sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

Sumber : MUI Ajukan Keinginan Jadi Fraksi DPR, Fadli Zon: Tidak Mungkin!
MUI Ajukan Keinginan Jadi Fraksi DPR, Fadli Zon: Tidak Mungkin!
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments