Saturday, July 31, 2021
Home Nasional MUI Dorong Gunakan Medsos untuk Kemashalatan Umat

MUI Dorong Gunakan Medsos untuk Kemashalatan Umat

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ma’ruf Amin, menegaskan bahwa Fatwa tentang ‘Hukum dan Pedoman Bermuamalah Melalui Medsos’ yang baru saja dikeluarkan oleh MUI tidak bertentangan dengan kebebasan berpendapat masyarakat yang dilindungi serta diatur dalam pasal 28 UUD 1945.

Kata KH Ma’ruf, MUI sendiri sebenarnya mendorong masyarakat khususnya umat Islam agar menggunakan medsos untuk hal-hal yang bermanfaat saja.

“Yang diputus aksesnya hanya akun-akun yang bertentangan dengan aturan. Justru kita mendorong menggunakan media sosial untuk kemashalatan yang lebih baik,” kata KH Ma’ruf kepada Jitunews.com, di Jakarta, Senin (05/06) malam.

Kemudian ia berharap, umat Islam sudah tidak lagi menebar ujaran kebencian di medsos dengan dikeluarkannya fatwa ini. Tambahnya, pro dan kontra atas dikeluarkan suatu fatwa merupakan hal biasa.

“Contohnya, ini di bulan puasa, ibu-ibu pakai medsos Facebook lebih baik foto kue, masak kue, ini lho kita mau jualan kue siapa yang mau beli. Kan gitu,” ceplosnya memberikan contoh konten medsos yang positif.

Terakhir, KH Ma’ruf mengimbau agar konten-konten bersifat negatif di medsos harus dikendalikan oleh pemerintah serta dikembalikan sesuai dengan tujuan awal dibuatnya medsos.

“Masalah yang kita alami ini adalah demokrasi yang kebablasan. Meluruskan cara berpikir dan cara bertutur. Kami sudah berkonsultasi dengan Polri dari awal. Kalau nggak ada law enforcement, maka fatwa itu tidak bisa dieksekusi,” jelas ia menutup pembicaraan.

 

Sumber : MUI Dorong Gunakan Medsos untuk Kemashalatan Umat
MUI Dorong Gunakan Medsos untuk Kemashalatan Umat
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments