Wednesday, August 4, 2021
Home Nasional MUI: Pancasila Selaras dengan Nilai-nilai Islam, Jangan Diperdebatkan

MUI: Pancasila Selaras dengan Nilai-nilai Islam, Jangan Diperdebatkan

Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Muhammad Cholil Nafis mengatakan Pancasila selaras dengan ajaran Islam. Sebab, para ulama se-Indonesia ikut andil dalam perumusan dasar negara itu.

“Para ulama, pendiri negara ini, sepakat Indonesia menjadi NKRI berasaskan Pancasila. Nilai-nilai dasar di dalam Pancasila, tidak ada yang bertentangan dengan Islam, akan tetapi nilai-nilai tersebut justru merupakan pengejawantahan dari nilai-nilai ke-Islaman,” ujar Cholil di Istana Negara, Jakarta, Senin (4/6).

Menurutnya, penerimaan Pancasila sebagai asas NKRI karena terinspirasi dari Piagam madinah yang dibuat Rasulullah SAW. Piagam itu berhasil menyatukan semua golongan tanpa membedakan agama, suku, dan ras.

“Demi membangun negara Madinah yang aman dari serangan musuh, tentram, damai dan sejahtera,” tuturnya.

Dalam Piagam Madinah itu, Rasulullah mengajarkan untuk menjaga kedaulatan dan kemajuan untuk kepentingan bersama. Piagam itu juga membawa Madinah pada gerakan pencerahan Islam di seluruh dunia.

“Sehingga, lahirlah kejayaan peradaban Islam selama 6 abad lebih tatkala Barat saat itu tertidur lelap dalam keterbelakangan. Bagaimana masa depan peradaban bangsa Indonesia dengan segala tantangannya saat ini?” tanya Cholil.

Ia lalu menegaskan, fungsi Pancasila sebagai ideologi bangsa tidak perlu diperdebatkan lagi. Karena, kesepakatan Pancasila sudah final sejak awal Republik Indonesia berdiri.

“Yang tidak perlu diperdebatkan lagi karena ini merupakan hasil ijtihad dan kesepakatan dari para ulama yang harus dijaga dan terus diperjuangkan agar dapat menggapai puncak kesejahteraan bersama,” pungkasnya.

Sumber : MUI: Pancasila Selaras dengan Nilai-nilai Islam, Jangan Diperdebatkan
MUI: Pancasila Selaras dengan Nilai-nilai Islam, Jangan Diperdebatkan
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments