Thursday, September 16, 2021
Home Jitu News Musibah AISA Untungkan Kompetitor di Lantai Bursa, Saham HOKI Naik

Musibah AISA Untungkan Kompetitor di Lantai Bursa, Saham HOKI Naik

Rupanya ada yang mengais untung dari musibah besar yang sedang dialami PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA). Adalah PT Buyung Putra Sembada Tbk (HOKI) mengalami kenaikan nilai saham sebesar 2,48 persen atau kecipratan efek positif dari musibah yang sedang dialami AISA.

Jumat, 21 Juli 2017, pihak Kementerian Pertanian (Kementan) bekerja sama dengan kepolisian menggerebek PT Indo Beras Unggul (IBU) yang tidak lain adalah produsen beras dalam kemasan dengan merek Maknyuss dan Cap Ayam Jago oleh Bareskrim Polri. Anak perusahaan AISA itu diduga telah melakukan kecurangan dengan menjual beras bersubsidi namun dikemas serta dijual dengan harga premium.

Akibatnya pergerakan nilai saham AISA di lantai bursa menukik tajam akibat perkara hukum itu. Mengutip istilah yang bisa digunakan di sektor saham, pergerakan saham AISA terjun bebas dan mengalami autoreject.

Pada penutupan perdagangan, Jumat (21/7), Saham AISA jeblok 24,92 persen atau berada di level 1.205. Padahal di awal perdagangan saham AISA bertengger diangka 1.605. Itu semua berkat pemberitaan negatif yang terus viral di setengah hari jelang penutupan perdagangan.

Imbasnya, pelaku pasar bergeser menyoroti pergerakan saham milik PT Buyung Putra Sembada Tbk (HOKI) yang juga menjual produk beras. HOKI akhirnya kecipratan untung dari musibah AISA dengan terkereknya saham mereka sebesar 2,48 persen.

Sebelumnya, perdagangan saham HOKI dibuka pada level 404 dan ditutup pada level 414.

Analis Binaartha Parama Sekuritas, Reza Priyambada menjelaskan bahwa kenaikan nilai saham HOKI itu diakibatkan sentimen pemberitaan yang menggerakan para pelaku saham untuk beralih ke saham lain. Dalam hal ini, HOKI kecipratan peralihan para pelaku pasar itu.

Namun begitu, Reza bisa memastikan bahwa pergeseran para pelaku saham dari AISA ke HOKI tak akan segaris dengan berpindahnya konsumen beras AISA ke HOKI. Tak ada hubungannya atau belum tentu sentimen positif bagi kompetitor akan menunjukan dampak postif atau kenaikan penjualan beras HOKI.

“Real di lapangan seperti apa, perpindahan penjualan belum tentu terjadi. Karena AISA bisa mengalihkan ke pabrik lain, bila pabrik yang sebelumnya disegel,” demikian ungkap Reza kepada awak media.

Menurutnya, bila pembeli sudah loyal terhadap suatu produk, akan sulit beralih. Konsumen Indonesia memiliki karakter kritis terhadap harga.

Reza menyatakan, ada perbedaan sedikit bisa mempengaruhi keputusan untuk membeli. Sedangkan peralihan saham dinilai bisa terjadi.

Sampai kapan peralihan tersebut, tergantung kejelasan dari manajemen dan proses hukum yang berjalan. “Berkaca dari DGIK, APLN, dan Grup MNC biasanya bisa berbulan-bulan,” kata dia.

 

 

Sumber : Musibah AISA Untungkan Kompetitor di Lantai Bursa, Saham HOKI Naik
Musibah AISA Untungkan Kompetitor di Lantai Bursa, Saham HOKI Naik
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments