Wednesday, July 28, 2021
Home MINYAK & GAS Naikkan Harga Pertalite Rp 200/Liter, Ini Alasan Pertamina

Naikkan Harga Pertalite Rp 200/Liter, Ini Alasan Pertamina

PT Pertamina (Persero) resmi menaikkan harga Pertalite sebesar Rp 200 per liter menjadi Rp 7.800 per liter dari harga sebelumnya Rp 7.600 per liter, per Sabtu (24/3) lalu.

Sebelumnya, pada 20 Januari lalu, Pertamina telah menaikkan harga Pertalite sebesar Rp100 per liter. Artinya, kenaikan pertalite sejak awal tahun telah mencapai Rp 300 per liter.

Menurut VP Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito, Pertamina menaikkan harga pertalite lantaran harga minyak dunia sudah tinggi. Adiatma mencontohkan minyak mentah jenis brent sudah US$ 65/barel. Kenaikan harga minyak dunia, kata Adiatma, langsung terasa dampaknya ke harga BBM.

“Itu, harga minyak dunia adalah komponen yang tidak bisa kita kendalikan. Dampaknya ke BBM itu langsung terasa,” tutur Adiatma saat dikonfirmasi, belum lama ini.

Adiatma menambahkan, kenaikan harga itu tidak akan mempengaruhi jumlah konsumen BBM yang sekarang mulai beralih ke bensin yang dengan RON (Research Octane Number) 90-an ke atas. Pertalite memiliki kandungan RON 90.

Konsumen tentu akan menyesuaikan jenis BBM dengan mesin kendaraannya sehingga tidak mudah rusak.

“Kalau diisi dengan yang lebih rendah/lebih jelek akan lebih banyak ruginya daripada untungnya. Mesinnya rusak, nggak ada tarikannya, karena memang tidak sesuai kebutuhan mesin,” tutur Adiatma, dikutip dari detikfinance.

Sebagai informasi, mengutip situs resmi Pertamina, Sabtu (24/3), kenaikan harga pertalite terjadi merata di seluruh wilayah pemasaran di Indonesia.

Tercatat, harga pertalite di Daerah Istimewa Aceh naik dari Rp7.800 per liter menjadi Rp8.000 per liter. Di DKI Jakarta, harga pertalite ditetapkan sebesar Rp7.800 per liter dari sebelumnya Rp7.600 per liter. Di Papua, pertalite kini dibanderol Rp8.000 per liter dari Rp7.800 per liter.

 

 

 

Sumber : Naikkan Harga Pertalite Rp 200/Liter, Ini Alasan Pertamina
Naikkan Harga Pertalite Rp 200/Liter, Ini Alasan Pertamina
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments