Wednesday, July 28, 2021
Home Nasional Nama-nama Kandidat yang Beredar Belum Mampu Dongkrak Jokowi di Pilpres 2019

Nama-nama Kandidat yang Beredar Belum Mampu Dongkrak Jokowi di Pilpres 2019

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya mengatakan tidak ada sosok calon wakil presiden yang bisa mendongkrak elektabilitas Joko Widodo leboh tinggi lagi di Pilpres 2019. Karena, yang diperlukan Jokowi adalah upaya meningkatkan kepuasan publik terhadap kinerjanya.

“Sebetulnya, kalau mau disimpulkan, tidak ada satu pun nama cawapres yang bisa mendongkrak Jokowi jauh lebih tinggi ketika dipasangkan dengan yang lain. Karena, buat incumbent, faktor utama itu bukan siapa cawapresnya, tapi tingkat kepuasan publik tadi,” kata Yunarto di FX Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (6/6).

Walau begitu, faktor cawapres juga tidak bisa diabaikan. Menurutnya, Jokowi membutuhkan cawapres yang dapat membantunya menangkal isu-isu negatif yang menyerangnya.

“Terutama dalam hal ini berkaca dari 2014 bahwa Jokowi anti-Islam atau antikelompok tertentu,” katanya.

Menurut Yunarto, nama-nama yang selama ini beredar untuk disandingkan dengan Jokowi belum mampu memenuhi kebutuhan itu. Seperti Gatot Nurmantyo, Mahfud MD, Susi Pudjiastuti, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), juga Muhaimim Iskandar.

“Tetapi sebetulnya mereka berada pada tataran yang sama. Belum menjadi sosok yang bisa mendongkrak (elektabilitas) Jokowi sehingga bisa memberikan kemenangan,” ujarnya.

Kondisi tersebut berbeda dengan Prabowo Subianto. Menurutnya, Prabowo tidak memiliki modal kepuasan publik.

“Sehingga siapa yang menjadi cawapres itu menjadi sangat berpengaruh terhadap elektabilitas. Apakah ada efek komplementer orang akan melihat seperti itu, nah ini yang menjadi catatan buat Prabowo, sangat penting siapa yang jadi wakil,” ujarnya.

 

Sumber : Nama-nama Kandidat yang Beredar Belum Mampu Dongkrak Jokowi di Pilpres 2019
Nama-nama Kandidat yang Beredar Belum Mampu Dongkrak Jokowi di Pilpres 2019
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments