Sunday, October 17, 2021
Home Nasional Nasdem Siapkan 390 Ribu Saksi TPS untuk Jabar

Nasdem Siapkan 390 Ribu Saksi TPS untuk Jabar

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh meminta seluruh daerah menyiapkan jumlah saksi tempat pemungutan suara (TPS) serta melatihnya untuk pelaksanaan Pilkada Serentak 2018, Mereka juga akan bertugas hingga Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019 mendatang. Pilkada Serentak di Jawa Barat tahun ini akan menjadi kerja awal para saksi dalam mengawal suara partai dan tokoh yang didukung Partai Nasdem.

“Maka memerintahkan kepada Komisi Saksi Partai Nasdem agar sebelum akhir Mei, dari seluruh wilayah kita telah mampu menunjukkan kesiapan saksi untuk 1 TPS dikali 3. Berarti kita harus mempersiapkan 2.5 juta saksi se-Indonesia,” ujar Surya Paloh, dalam acara Konsolidasi Struktur, Komisi Saksi, dan Bacaleg Partai Nasdem se-Jawa Barat, di Bandung, Minggu, 4 Maret 2018.

Dia mengatakan, Partai Nasdem tidak mau lagi kecolongan dalam proses pelaksanaan dan pengawasan suara hasil pemilihan umum. Pada Pemilu 2014, ada sekitar 2 juta suara milik Partai Nasdem yang hilang.

Ke depan, untuk menyiapkan para saksi pun dinilai semakin berat. Berdasarkan informasi dari Komisi Pemilihan Umum, terdapat prediksi pengembangan jumlah TPS dari 570 ribu menjadi 850 ribu TPS di seluruh negeri.

3 saksi per TPS

Jika dihitung, kata Paloh, dibutuhkan waktu rata-rata 18 jam untuk mengawal hasil perolehan suara di TPS. Namun, sulit menjamin ada seseorang yang mampu menjaga 18 jam tanpa henti.

Ia menaksir minimum daya tahan seseorang hanya berkisar selama 8 hingga 9 jam per pengawasan. Maka, ia meminta kepada Komisi Saksi Partai Nasdem di setiap wilayah untuk menyiapkan setidaknya 3 saksi per TPS.

Dari hasil perkiraan penambahan jumlah TPS di seluruh Indonesia yang mencapai 850 ribu, Jawa Barat dikabarkan membutuhkan 130 ribu TPS. Jika satu TPS membutuhkan 3 orang, maka DPD Partai Nasdem Jawa Barat harus mempersiapkan 390 ribu saksi.

“Training of Trainer yang 130 ribu itu mutlak dan itu dijamin sepenuhnya oleh DPD. Sebanyak 390 ribu saksi harus disiapkan. Program di seluruh wilayah, Komisi Saksi harus menyiapkan pelatihan. Maka Jawa Barat harus mulai program pelatihan ini,” ujarnya.

Menurut Paloh, Jawa Barat merupakan provinsi strategis dalam gelaran pemilu, baik legislatif maupun presiden. “Pembangunan, strategi, semua pihak melihat Jawa Barat,” katanya.

11 kursi DPR

Selain itu, jumlah penduduk yang banyak menjadikan provinsi ini sebagai barometer perpolitikan nasional. Ada 47 juta penduduk Jawa Barat dengan DPT 33 juta. “Ini yang terbesar di Indonesia,” ujar Paloh.

Selain menyiapkan saksi, ia pun meminta kadernya untuk bekerja keras dalam memenangkan Joko Widodo. Paloh juga meminta kadernya untuk terus membantu masyarakat di segala bidang.

Ketua DPW Partai Nasdem Provinsi Jawa Barat Saan Mustopa mengatakan, persiapan saksi sudah dilakukan 1.5 tahun lalu.

“Jadi rasanya untuk (penyiapan saksi) itu tidak ada masalah, karena memang jauh-jauh hari sudah kita lakukan, dan target di bulan Mei semua sudah siap, 3 saksi per TPS. Pilkada serentak diujicobakan nanti. Diujicobakan di 2018 di pilkada untuk memenangkan Ridwan Kamil,” ujarnya.

Selain bertekad memenangkan Presiden Joko Widodo di Pilpres 2019, ia pun menargetkan raihan kursi legislatifnya bertambah. “Kita ingin Nasdem di Jawa Baratmeraih minimal 11 kursi DPR RI, untuk DPRD provinsi minimal 17 kursi, dan untuk DPRD kabupaten/kota seluruhnya kita menargetkan 181 kursi,” katanya.***

 

 

 

 

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2018/03/04/nasdem-siapkan-390-ribu-saksi-tps-untuk-jabar-420583

Most Popular

Recent Comments