Monday, October 25, 2021
Home Nasional NASIONALPOLITIK "Pogba, CR7, Bale Bisa Kebeli Pake Uang Hasil Kerugian JICT"

NASIONALPOLITIK “Pogba, CR7, Bale Bisa Kebeli Pake Uang Hasil Kerugian JICT”

Audit investigatif Badan Pemeriksa Keuangan terhadap Pelindo II menemukan indikasi kerugian negara dalam perpanjangan kontrak JICT mencapai US$ 306 juta atau setara dengan Rp 4,08 triliun. Indikasi kerugian tersebut baru berasal dari kekurangan pembayaran upfront fee oleh Hutchinson Port Holding (HPH).

Terkait hal itu, Ketua Pansus Angket DPR RI tentang Pelindo II, Rieke Diah Pitaloka, menyatakan bahwa jumlah kerugian tersebut mendekati nilai transfer tiga pemain sepak bola termahal dunia, yakni Paul Pogba (89 juta pounds atau setara Rp 1,4 triliun), Gareth Bale (Rp 1,3 triliun) dan Chistiano Ronaldo (Rp 1,2 triliun).

“Jika ditotal, nilai transfer ketiganya mencapai Rp 3,9 triliun. Angka tersebut mendekati nilai kerugian negara dalam perpanjangan kontrak JICT yang mencapai US$ 306 juta (Rp 4,08 triliun),” tutur Rieke dalam siaran persnya, Rabu (14/6).

Dikatakan Rieke, indikasi kerugian negara tersebut ditemukan akibat adanya perpanjangan kontrak pengelolaan JICT oleh Pelindo II kepada HPH pada tahun 2015. Padahal, kontrak pengelolaan JICT baru selesai pada tahun 2019. Dengan demikian, HPH akan kembali mengelola JICT hingga tahun 2039.

“Ternyata perpanjangan kontrak ini tidak ada di dalam rencana kerja, tanpa melalui rapat umum pemegang saham (RUPS), dan sebagainya. Lalu langsung diketok palu, perpanjangan kontrak (pengelolaan JICT) pada tahun 2015 sampai tahun 2039,” kata Rieke.

“Padahal kontrak (Pelindo II dengan HPH) habis tahun 2019. Kalau kontrak kerja sama pengelolaan JICT tidak diperpanjang hingga tahun 2019, maka (JICT) 100 persen milik Indonesia,” kata Rieke.

Oleh karena itu, Rieke lantas meminta BPK melanjutkan audit investigatif terkait Global Bond dan Proyek Kali Baru Pelindo II, sehingga dapat dijadikan bahan komprehensif Pansus dalam memberikan laporan dan rekomendasi akhir.

Permintaan Rieke tersebut didasarkan pada surat Edaran Mahkamah Agung (MA) No. 4/2016 (angka 6) yang berbunyi, instansi yang berwenang menyatakan ada tidaknya kerugian keuangan negara adalah BPK yang memiliki kewenangan konstitusional.

“Sebagai Ketua Pansus, saya akan berkoordinasi dengan pimpinan lain dan anggota untuk menindaklanjuti LHP investigatif tersebut di dalam rapat internal pansus,” tandas politisi PDIP itu.

Meski demikian, Rieke meyakini bahwa Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) tahap pertama ini telah mengungkap adanya penyimpangan yang mengandung unsur Pidana dan harus ditindaklanjuti oleh pejabat penyidik dengan proses penyidikan.

 

Sumber : "Pogba, CR7, Bale Bisa Kebeli Pake Uang Hasil Kerugian JICT"
"Pogba, CR7, Bale Bisa Kebeli Pake Uang Hasil Kerugian JICT"
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments