Saturday, May 28, 2022
Home Nasional Nasir Djamil Akan Sampaikan Penolakan Proyek IPAL di Aceh ke Pimpinan DPR

Nasir Djamil Akan Sampaikan Penolakan Proyek IPAL di Aceh ke Pimpinan DPR

Anggota Tim Pemantau Otsus Aceh, Papua, dan DIY DPR, Nasir Djamil, akan menyampaikan memorandum penolakan proyek Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang dilakukan oleh tokoh ulama dan keturunan para Raja Aceh.

Diketahui, lokasi proyek IPAL milik Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh itu merupakan kawasan situs sejarah. Selain itu, lokasi tersebut masuk dalam areal cagar budaya seluas 61 hektare yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebelumnya. Dan, diperkirakan juga di kawasan tersebut ada ratusan makam kuno milik para ulama pada abad 16 sampai dengan 18 Masehi.

“Memorandum secara tertulis salah satunya akan disampaikan ke pimpinan DPR. Di DPR itu ada tim pemantau otsus Aceh, Papua dan DIY, diharapkan akan mendalami dan mungkin saja tim akan menyurati pihak-pihak terkait terkait masalah ini,” ujar Nasir melalui siaran pers yang diterima¬†Jitunews.com, Senin (11/9) malam.

Anggota Komisi III DPR RI ini berharap ada moratorium sampai masalah aspirasi ini dikelola oleh pemerintah pusat dan Pemda. Menurutnya, sekecil apapun aspirasi yang disampaikan masyarakat harus didengar dan dibicarakan bersama-sama sehingga ada kemaslahatan.

“Karena tujuan pembangunan iti bukan hanya pembangunan fisik tapi pembangunan mental dan spritual karena kita harus ingatkan itu, masih banyak lahan lain kenapa kok tetap di sini, itu yang harus dijawab oleh pemerintah,” tuturnya..

Diketahui sebelumnya, Anggota Komisi III DPR ini menghadiri penandatanganan memorandum oleh keturunan para Raja, majelis masyarakat adat Aceh dan tokoh ulama di Gampong Pande, Kutaraja, Banda Aceh.

Dalam kesempatan tersebut, Nasir Djamil menyampaikan bahwa Pemerintah Pusat dan Daerah harus mendengarkan aspirasi masyarakatnya.

“Harus segera mendengar aspirasi ini dan tentunya harus ada upaya komunikasi untuk mendialogkan persoalan ini tidak ada pihak yang jalan masing-masing,” tandasnya.

 

 

Sumber : Nasir Djamil Akan Sampaikan Penolakan Proyek IPAL di Aceh ke Pimpinan DPR
Nasir Djamil Akan Sampaikan Penolakan Proyek IPAL di Aceh ke Pimpinan DPR
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments