Monday, January 24, 2022
Home Dunia Negara Liga Arab sepakat naikkan dana sumbangan UNRWA demi pengungsi Palestina

Negara Liga Arab sepakat naikkan dana sumbangan UNRWA demi pengungsi Palestina

Menteri luar negeri dari negara-negara Liga Arab menggelar pertemuan di Kairo, Mesir, untuk membicarakan nasib pengungsi Palestina setelah Amerika Serikat menghentikan sumbangan dana untuk organisasi UNRWA.

Hasilnya, para menteri sepakat untuk saling bahu membahu menyelesaikan krisis keuangan dialami oleh organisasi tersebut, setelah kontribusi AS terhenti.

“Untuk membantu memenuhi kekurangan (akibat penarikan dana dari AS), Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Qatar berjanji masing-masing akan menyumbangkan dana sebesar USD 50 juta (Rp 744,6 miliar),” kata jenderal komisi UNRWA, Pierre Krahenbuhl, dikutip dari Alaraby, Rabu (12/9).

Sementara itu, kata Krahenbuhl, negara lain seperti Inggris dan Jerman berjanji akan meningkatkan kontribusi mereka kepada organisasi UNRWA senilai beberapa juta dolar.

Pada pertemuan digelar kemarin, para menteri juga mengatakan bahwa mereka menyesali keputusan AS untuk menunda penadanaan bagi para pengungsi Palestina. Padahal, dana tersebut sangat memberi pengaruh bagi lima juta pengungsi Palestina yang hidup bergantung pada dana organisasi.

AS memotong dana bantuan sekitar USD 300 juta untuk UNRWA dan mengatakan bahwa negara tersebut tidak akan lagi menyumbang dana kepada organisasi tersebut.

Sebagai informasi, UNRWA merupakan badan bantuan PBB didirikan pada 1948 silam untuk membantu 700.000 warga Palestina yang dipaksa meninggalkan rumah mereka akibat konflik dengan Israel.

Saat ini, semakin banyak warga Palestina bergantung pada dana bantuan tersebut. Sekitar lima juta warga Palestina di Tepi Barat, Jalur Gaza, Yordania, Suriah, dan Libanon, dipenuhi kebutuhannya melalui pendanaan organisasi tersebut.

Organisasi itu memberikan pendidikan, perawatan kesehatan, hingga layanan sosial kepada para pengungsi Palestina. [did]

 

 

Sumber : Merdeka.com

Most Popular

Recent Comments