Saturday, October 16, 2021
Home Jitu News Operasi Pasar Daging dengan Menekan Harga, Hanya untuk Mematikan Sektor Peternak Lokal

Operasi Pasar Daging dengan Menekan Harga, Hanya untuk Mematikan Sektor Peternak Lokal

Hingga saat ini pemerintah terus mengupayakan sejumlah langkah strategis guna menekan harga daging di pasar. Salah satu langkah strategis yang dilakukan oleh pemerintah adalah dengan membuka keran impor daging.

Dosen Fakultas Peternakan UNPAD, Rochadi Tawaf, menilai bahwa upaya yang dilakukan pemerintah dengan memaksa menekan harga dengan membuka keran impor justru akan mematikan sektor usaha peternak lokal yang ada.

Ia mengatakan bahwa dalam teori ekonomi sangat jelas diuraikan bahwa setiap bentuk pemaksaan pada salah satu titik tertentu pasti akan berdampak pada sektor usaha yang lain.

“Dalam setiap langkah OP terjadi kenaikan jumlah impor daging, maka harga akan turun. Siapa yang akan menikmati hal tersebut, konsumen, sementara yang sebagian lagi dinikmati oleh pelaku impor. Sementara para peternak kecil dan mandiri akan terus ditekan. Teorinya sudah seperti itu, Jadi tidak mungkin tidak ada pengaruh, dengan menurunkan harga daging ke Rp 80.000 dari harga sebelumnya Rp120.000 pasti ada efek lanjutannya,” jelas Rochadi Tawaf, saat hadir dalam sebuah acara diskusi publik di Jakarta, Selasa (13/6).

Kalau kebijakan seperti ini terus diambil pemerintah, ke depan sektor usaha peternakan kecil akan terus terjepit dan bahkan mati.

“Yang bertahan adalah mereka-mereka yang sektor usahanya dilakukan secara efisien namun mereka juga nanti tetap akan tergerus kalau pemerintah kemudian tidak memberikan insentif usaha,” katanya.

Menurutnya, untuk menjaga ketersediaan daging dan menjaga harga, langkah yang paling mulia adalah dengan meningkatkan produksi peternakan dalam negeri dan mengurangi impor daging.

“Kalau kita terus-terusan impor, maka kita hanya menguntungkan peternak di negara lain, sementara peternak lokal kita abaikan,” tukasnya.

 

 

Sumber : Operasi Pasar Daging dengan Menekan Harga, Hanya untuk Mematikan Sektor Peternak Lokal
Operasi Pasar Daging dengan Menekan Harga, Hanya untuk Mematikan Sektor Peternak Lokal
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments