Optimis Terapkan 3 Aspek Unggulan terhadap Keamanan dan Mutu Pangan

0
252

Rapat Koordinasi ( Rekor) Dewan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah 2017 tahun ini Solo jadi tuan rumah. Rapat yang diadakan Selasa (21/11) di Hotel Syariah Solo, Kota Surakarta ini bertajuk perwujudan kedaulatan pangan melalui peningkatan mutu dan keamanan pangan dibuka oleh Wagub Jawa Tengah Heru Sudjatmoko.

Beberapa peserta forum terdiri dari perwakilan dinas pangan kabupaten se Jawa Tengah, akademis dan legislatif.

Wagub mengaharapkan rapat ini tidak hanya membahas masalah mutu dan keamanan pangan, namun juga memikirkan masalah lahan pertanian dan ketersediaan air. Melihat sempitnya lahan dari mulai daerah hilir ke hulu sering terjadi gempuran pangan impor yang menyaingi hasil pertanian di Indonesia, di tambah lagi kurang tertariknya generasi muda akan bidang pertanian. Pemerintah diharap untuk memfasilitasi lahan untuk generasi muda.

Pihaknya menambahkan agar forum ini menghasilkan rumusan dan solusi-solusi konkret yang berkelanjutan dalam menyelesaikan masalah pangan khususnya di Jawa Tengah. Karena forum ini merupakan titik acuan strategis.

Menurut Tri Agustin Satriani, Wakil Direktur Pengolahan & Pemasaran Hasil Tanaman Pangan (PPHTP) terkait tema yang diusung adalah sistem ketahanan pangan di Indonesia harus memperhatikan tiga aspek.

“Dalam sistem ketahanan angan nasional kita harus memenuhi tiga aspek yang harus diperhatikan ketersediaan, keterjangkauan dan kemanfaatan”ungkapnya pada Jitunews setelah meresmikan pembukaan forum, Selasa (21/11).

“Oleh karena itu peningkatan mutu dan keamanan makanan sangatlah penting karena jika kita makan makanan yang cukup aman kita mampu menyiapkan SDM yang berkualitas , sehat, aktif dan produktif ” kata Agustin.

Selain rapat koordinasi juga diadakan lomba produk pangan segar bersertifikat yang diikuti sebanyak 33 peserta dari 35 perwakilan se-kabupaten Jawa Tengah, setiap produk bersertifikat yang memenuhi syarat diberi penilaian.

 
Sumber : Optimis Terapkan 3 Aspek Unggulan terhadap Keamanan dan Mutu Pangan
Optimis Terapkan 3 Aspek Unggulan terhadap Keamanan dan Mutu Pangan
Jitunews

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here