Saturday, November 27, 2021
Home ENERGI UMUM Pameran Hasil Litbang ESDM 2017 Sebagai Panggung Para Peneliti Indonesia

Pameran Hasil Litbang ESDM 2017 Sebagai Panggung Para Peneliti Indonesia

Kepala Badan Litbang Kementerian Energi dan Sumbe Daya Mineral (ESDM), FX Sutijastoto, mengatakan bahwa Temu Ilmiah XIII dan Pameran Hasil Litbang ESDM 2017 merupakan kegiatan rutin tiga tahunan dalam mengimplementasikan pengembangan serta pengkajian.

Sesuai dengan temanya “Peranan Litbang ESDM dalam pengembangan industri melalui komersialisasi hasil litbang” sekaligus mengusung sub tema “Inovasi dan implementasi hasil litbang untuk industri dan ketahanan energi nasional”, menurut FX Sutijastoto, ajang ini diharapkan mampu menjadi sarana promosi dari penemuan peneliti ESDM, dalam rangka menghasilkan industri dalam negeri.

“Ini menjadi panggung bagi peneliti dan sekaligus tanggung jawab badan litbang. Badan Litbang diharapkan mampu menghasilkan hasil litbang yang mampu mendukung ESDM dan bisa dikomersialisasi sehingga bisa menghasilkan peningkatan nilai tambah melalui investasi yang akan membuka lapangan kerja baru secara nasional,” papar FX Sutijastoto kepada Jitunews.com, di Gedung Forum Teknologi dan Gedung Pendukung PPPTMGB “LEMIGAS”, Jl Ciledug Raya Kav 109, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (12/7).

Pada tempat dan kesempatan yang sama, Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar, memuji kerja keras Badan Penelitian dan Pengembangan ESDM yang sudah melakukan beragam inovasi dengan melakukan riset berdasarkan kebutuhan.

“Ini hari yang berbahagia karena kita kembali melibatkan teknologi yang ingin saya sampaikan paradigma yang sempit research development sekarang mengarah pada teknologi development, dulu researcher hanya sekedar ingin tahu, tapi sekarang research berdasarkan kebutuhan,” kata Arcandra menambahkan.

Sekedar diketahui, acara temu ilmiah kali ini diikuti oleh sekitar 600 peserta dari berbagai kalangan. Mulai dari mahasiswa, akademisi, pebisnis, kalangan industri khususnya minyak dan gas bumi, peneliti dan pegawai Kementerian ESDM.

Diberitakan Jitunews.com sebelumnya, Wamen ESDM, Arcandra, hadir sebagai Pembicara Kunci pada Temu Ilmiah dan Pameran Hasil Penelitian dan Pengembangan (Litbang) ESDM di Gedung Forum Teknologi PPPTMGB “LEMIGAS”, Jakarta Selatan. Acara ini secara rutin dilakukan setiap tiga tahun sekali oleh Badan Litbang ESDM.

Rangkaian acara Temu Ilmiah dan Pameran Hasil Litbang ESDM adalah sebagai berikut :
1. Penandatanganan sembilan Kontrak/Perjanjian Kerja Sama masing-masing Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) dengan mitra bisnis/industri.
2. Peluncuran Produk Pelumas dan Peta Potensi Energi Arus Laut dan Peta Mineral Kelautan.
3. Pameran Hasil Penelitian dan Pengembangan ESDM.
4. Temu Ilmiah dan temu bisnis yang terbagi dalam sesi panel hulu dan hilir.

Setelah membuka acara, Wamen ESDM juga menyaksikan Penandatanganan sembilan Nota Kesepahaman dengan total nilai komitmen pekerjaan/kontrak layanan hasil litbang ESDM dan/atau kegiatan riset yang didanai industri bernilai lebih dari Rp 6,8 Miliar.

Daftar Nota Kesepahaman yang ditandatangani yaitu:
1. Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi (PPPTMGB LEMIGAS) dengan Medco E&P Malaka.
2. PPPTMGB LEMIGAS dengan West Natuna Eksploration Ltd.
3. PPPTMGB LEMIGAS dengan PT. Integra Oil Field Services.
4. PPPTMGB LEMIGAS dengan PT. Futura Energi Lestari.
5. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (PPPGL) dengan PT Timah.
6. Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batu Bara (Puslitbang Tekmira) dengan PT. AALBorg.
7. Puslitbang Tekmira dengan PT. Piccast Inovasi Prima.
8. Badan Penelitian dan Pengembangan ESDM dengan PT Geodipa.
9. Badan Penelitian dan Pengembangan ESDM dengan PT. Perusahaan Pengelola Aset.

Nota Kesepahaman ini sejalan dengan arahan Menteri ESDM, Ignasius Jonan, untuk melakukan komersialisasi hasil litbang baik barang maupun jasa serta arah kebijakan penerapan Badan Layanan Umum.

Selain menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman, Wamen ESDM juga melakukan peluncuran Peta Potensi Arus Laut, Mobile Rig Lemigas, Mini Air Gun yang saat ini dikembangkan menjadi Land Air Gun Seismik, dan produk pelumas Electric Submersible Pump (ESP) yang diekspor ke Libya.

Temu Ilmiah Sesi Pleno hari pertama diawali dengan paparan Dirjen Migas, IGN Wiratmaja Puja, tentang “Arah kebijakan Migas, Peluang Litbang dan Policy Support”. Selanjutnya, paparan Kepala SKK Migas berjudul “Tantangan dan peluang peningkatan produksi migas, kemitraan strategis antara litbang dan industri”, dan paparan produk hasil litbang yang disampaikan para Periset Litbang ESDM. Selain itu terdapat Sesi Panel Hulu dan Hilir Migas dari mitra kerja PT. Pertamina, PT. Medco Energi, PT. Chevron Indonesia, Pusinov LIPI.

Temu Ilmiah Sesi Pleno hari kedua, Kamis, tanggal 13 Juli 2017 diawali dengan paparan Dirjen EBTKE yaitu “Arah kebijakan EBTKE, peluang litbang dan policy support”. Selanjutnya paparan Kepala Badan Kementerian Perindustrian yaitu “Kebijakan penggunaan hasil litbang untuk industri”, dan paparan produk hasil litbang yang disampaikan para Periset Litbang ESDM. Selain itu terdapat Sesi Panel Hulu dan Hilir Migas dari mitra kerja Dewan Energi Nasional, SKK Migas, Pertamina, BPPT, BSN, Akademisi (UI) dan mitra kerja Asing dari Ekuador, Dr. Ingeniero Byron Raul Lopez Robayo.

Temu Bisnis pada Pameran Hasil Litbang ESDM menawarkan berbagai produk kepada mitra bisnis yaitu : Rig Hidrolik “LEMIGAS”, Lube Oil Blending Plant (LOBP), Pembakar Siklon untuk PLTU, Gasmin Batubara, layanan jasa survei kapal riset Geomarin III dan layanan pengujian produk ketenagalistrikan tertentu seperti lampu swaballast. Selain itu terdapat tidak kurang dari 48 produk hasil riset yang perlu dukungan industri/pelaku usaha agar dapat dikomersialisasikan dan dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas, antara lain: Teknologi dan Kompor Dimethyl Ether (DME), Konverter Kit LPG untuk mesin perahu Nelayan dan pompa irigasi, Gemuk lumas ramah lingkungan untuk alat pertanian, pengelolaan gas suar bakar, land airgun seismik, dan lainnya.

 

 

Sumber : Pameran Hasil Litbang ESDM 2017 Sebagai Panggung Para Peneliti Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments