Friday, September 24, 2021
Home Nasional PAN Sering Beda Suara, Ini Kata Parpol Lain

PAN Sering Beda Suara, Ini Kata Parpol Lain

PDIP meminta PAN untuk keluar dari koalisi pendukung pemerintah karena sering memiliki pandangan yang berbeda. Beberapa partai lain angkat suara mengenai hal tersebut.

PKB sebagai partai politik yang mendukung pemerintah menilai PAN memiliki sudut pandang berbeda dengan koalisi pemerintahan.

“Mungkin ada perbedaan perspektif, tapi harus diklarifikasi ke PAN dan PDIP. Perbedaannya mungkin PAN merasa yang harus didukung kebijakan-kebijakan yang eksekutif, bukan kebijakan-kebijakan di luar eksekutif,” ujar Wasekjen PKB, Daniel Johan saat dihubungi, Kamis (13/7).

Sekjen Partai Hanura, Sarifuddin Sudding, menyebut partai politik yang tergabung dalam koalisi harus komit dalam mendukung pemerintah, harus memiliki suara yang sama.

“Ya memang, sangat elegan memang ketika mendeklarasikan diri sebagai koalisi pendukung pemerintah dan mengambil bagian dalam pemerintahan. Saya kira memang harus komit ya dalam mendukung pemerintah sebagai konsekuensi partai pendukung pemerintah,” ujar Sudding, Kamis (13/7).

Sedangkan Sekjen PPP, Arsul Sani, menyebut permasalahan tersebut harusnya diselesaikan secara internal koalisi. Mengenai keluar atau tidaknya PAN dari koalisi, PPP menyerahkan keputusan kepada Presiden Jokowi.

“Kalau ada perbedaan, maka diselesaikan di dalam internal koalisi. Namun, tentu ini untuk kebijakan mendasar saja, sedangkan yang bukan kebijakan mendasar seperti soal Pilgub dan sekolah lima hari, parpol koalisi pun punya ruang untuk menyuarakan perbedaan sikap,” ujar Arsul, Kamis (13/7).

Sebelumnya, Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, mengatakan Jokowi membutuhkan dukungan kabinet yang solid serta komitmen dari partai politik yang sudah menyatakan dukungan kepada pemerintah.

“Ketika pihak-pihak sudah menyatakan berbeda, ya tentu saja kita harapkan ada sebuah kedewasaan untuk menyatakan berada di luar pemerintahan, kita akan hormati. Karena apapun posisi politiknya, baik di dalam maupun di luar pemerintahan itu akan menyehatkan demokrasi. Tapi jangan bersikap setengah-setengah, jangan bersikap tidak jelas. Itu yang diperlukan PDIP,” ujar Hasto di kantor DPP PDIP, Kamis (13/7).

 

 

Sumber : PAN Sering Beda Suara, Ini Kata Parpol Lain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments