Panglima TNI: Ulama Asli Indonesia Tidak akan Menentang Pancasila

0
339

Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, mengatakan ulama merupakan salah satu elemen penting dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, menurutnya, tidak ada ulama yang akan berupaya memecah belah kesatuan Republik Indonesia (RI) maupun menentang nilai-nilai luhur Pancasila.

“Siapa pun tidak boleh mengubah Pancasila. Kalau ada yang mengaku ulama ingin mengubah Pancasila, maka pasti itu ulama dari luar yang dibayar untuk merusak Indonesia karena ulama Indonesia tidak akan memecah belah keutuhan negara,” kata Gatot pada ceramah wawasan kebangsaan, di Gedung MTA Pusat Solo, Jalan Ronggowarsito, Timuran, Minggu (30/7).

Untuk itu, ia mengimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi identitas bangsa Indonesia, dengan tidak mudah percaya kepada ulama yang ingin mengubah Pancasila.

“Pancasila sebagai dasar negara sudah final dan siapa pun tidak boleh mengubahnya. Jadi, kalau ada ulama yang mengajak untuk mengubah Pancasila, jangan percaya,” katanya lagi.

Gatot juga mengingatkan masyarakat untuk tidak mudah termakan omongan dan hasutan pihak yang tidak bertanggung jawab. Ia pun meminta peran serta seluruh masyarakat untuk melindungi Indonesia dari segala bentuk intervensi dari luar yang berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan.

“Banyak suku dan budaya dari Sabang sampai Merauke, dan banyak tunas agama Islam, Kristen, Hindu dan Buddha bersatu dalam Bhinneka Tunggal Ika, maka kita wajib menjaga jangan sampai terbelah oleh pihak lain dan jangan sampai mau diadu domba oleh negara lain,” tukasnya.

 

Sumber : Panglima TNI: Ulama Asli Indonesia Tidak akan Menentang Pancasila
Panglima TNI: Ulama Asli Indonesia Tidak akan Menentang Pancasila
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here