Wednesday, August 4, 2021
Home Nasional PDIP Curiga OTT KPK Ada Kepentingan Politik

PDIP Curiga OTT KPK Ada Kepentingan Politik

PDIP menilai operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK menyasar pada calon atau kepala daerah yang memiliki elektabilitas tinggi.

Sekjen PDIP, Hasti Kristiyanti mengaku curiga OTT sudah dicampuri oleh kepentingan politik.

“Hal ini mengingat bahwa yang menjadi sasaran adalah mereka yang memiliki elektabilitas tertinggi dan merupakan pemimpin yang sangat mengakar. Samanhudi misalnya, terpilih kedua kalinya dengan suara lebih dari 92 persen,” kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Minggu (10/6).

Hasto mengatakan, kesan kepentingan politik bisa dilihat dari OTT yang menjerat Wali Kota Blitar, Samanhudi dan cabup Tulungagung Sahri Mulyo. Hasto mempertanyakan, keduanya tidak terkena OTT secara langsung, namun media di Ibu Kota memberitakannya dengan sangat cepat.

“Seakan menggambarkan bahwa keduanya sudah menjadi target dan memang harus ditangkap baik melalui OTT langsung maupun tidak langsung. Dan faktanya, yang ditangkap di Kota Blitar adalah seorang penjahit, dan bukan pejabat negara. Lalu di Kab Tulungagung seorang kepala dinas dan perantara, bukan Sahri Mulyo,” tegasnya.

Namun, pihaknya memberikan apresiasi kepada KPK jika OTT yang dilakukan berpegang teguh pada prinsip keadilan, kebenaran, dan sesuai dengan mekanisme.

“Namun pertanyaannya, apakah OTT tersebut tidak dipengaruhi oleh kontestasi pilkada? Siapa yang bisa memastikan hal ini bahwa segala sesuatunya dilakukan secara proper dan sesuai mekanisme hukum yang jujur dan berkeadilan?” lanjut Hasto.

Hasto lalu mengatakan, di masa lalu ada oknum KPK tang tak bisa lepas dari kepentingan di luarnya. Misalnya terkait pencoretan bakal calon menteri yang tak sesuai prosedur.

Menurutnya, jika OTT yang dilakukan KPK sudah sesuai SOP dan tak bercampur dengan kepentingan tertentu, maka banyaknya pejabat daerah yang terjaring menunjukkan bahwa pemda masih pincang karena korupsi. Tapi, hal itu juga diartikan dengan kegagalan sistem pencegahan korupsi negara.

Sumber : PDIP Curiga OTT KPK Ada Kepentingan Politik
PDIP Curiga OTT KPK Ada Kepentingan Politik
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments