Friday, September 24, 2021
Home Jitu News PDIP Kritik Prabowo Soal Presidential Treshold

PDIP Kritik Prabowo Soal Presidential Treshold

Meski telah disahkan melalui rapat paripurna DPR RI, UU Pemilu masih menyisakan sejumlah kontroversi di kalangan publik. Partai-partai yang memilih tidak menyetujui pengesahan UU tersebut masih terus menyoroti sejumlah hal dalam UU tersebut.

Sorotan publik bertambah manakala Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Kamis (27/7/2017) malam. Dalam pertemuan itu, keduanya juga ‘angkat bicara’ tentang UU Pemilu.

Prabowo Subianto bahkan secara blak-blakan menyebut ambang batas pencalonan presiden (Presidensial Treshold) yang menjadi salah satu muatan dalam UU Pemilu sebagai lelucon politik. Prabowo mengaku, dirinya telah menghimbau kepada segenap kader Gerindra di Senayan untuk tidak terlibat dalam proses politik yang menurutnya telah mengangkangi semangat demokrasi itu.

“Presidential Treshold 20% menurut kami adalah lelucon politik yang menipu rakyat Indonesia, saya tidak mau terlibat dalam sesuatu yang seperti itu. Alhamdulilah, demikian sikap Demokrat, demikian sikap PAN dan PKS,” ujar Prabowo.

Menanggapi pernyataan Prabowo itu, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto pun mengajak semua pihak untuk menerima ketentuan presidential threshold dalam UU Pemilu. Dia menyayangkan pernyataan Prabowo.

“Ketika ada voting di DPR soal presidential threshold yang hasilnya tidak membuatnya puas, maka dia katakan bahwa presidential threshold menipu rakyat. Jangan karena ambisi jadi presiden kemudian keputusan yang sah direduksi,” terang Hasto, dalam keterangannya, Sabtu (29/7/2017).

Hasto mengingatkan, urusan menang atau kalah dalam berpolitik merupakan hal biasa dan harus disikapi secara ksatria.

“Dengan jalan ksatria PDI-P menerima keputusan politik di DPR walau sering diambil atas kekuatan menang menangan semata,” kata Hasto.

 

 

Sumber : PDIP Kritik Prabowo Soal Presidential Treshold

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments