Sunday, November 28, 2021
Home Dunia Pelaksanaan KTT G20 di Hamburg Diwarnai Kerusuhan

Pelaksanaan KTT G20 di Hamburg Diwarnai Kerusuhan

HamburgJerman dipilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan KTT G20 2017. Kelak dalam pertemuan negara-negara maju dan berkembang itu bakal membahas seputar perdagangan, perpindahan penduduk serta perubahan iklim.

Hal yang paling ditunggu dari agenda negara-negara itu adalah pertemuan antara dua petinggi negara adi kuasa, yakni Presiden Donald Trump dan Presiden Vladimir Putin. Serta diramalkan, KTT g20 bakal diwarnai perbedaan pandangan yang tajam, khususnya terkait langkah yang akan ditempuh Korea Utara.

Bergeser dari arena pertemuan negara-negara, aksi unjuk rasa yang menolak antikapitalis rupanya telah mengkutub di sudut-sudut kota HamburgBentrokan antara massa pengunjuk rasa dengan aparat keamanan setempat pun tak bisa dielakan.

Distrik Altona pun menjadi ajang bentrokan dengan dilemparkannya sejumlah molotov oleh pengunjuk rasa yang diikuti dengan pembakaran sejumlah mobil.

Kerusuhan itu sendiri merupakan lanjutan dari bentrokan yang terjadi pada, Kamis (6/7) malam. Sejauh ini dikabarkan 76 anggota polisi setempat mengalami luka-luka.

Selain Distrik Altona, bagian lain dari kota Hamburg juga terjadi aksi unjuk rasa. Aparat keamanan yang telah bersiap dengan water canon menyemprotkan air demi membubarkan massa yang diketahui telah melakukan pemblokiran jalan menuju gedung pertemuan. Sekurang-kurangnya kepolisian Jerman menerjukan sekitar 20.000 personel untuk mengamankan pertemuan dan menjaga ketertiban.

Mereka yang hadir dalam KTT G20 kali ini adalah Amerika Serikat, Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Cina, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Inggris Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan dan Turki.

 

 

Sumber : Pelaksanaan KTT G20 di Hamburg Diwarnai Kerusuhan
Pelaksanaan KTT G20 di Hamburg Diwarnai Kerusuhan
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments