Thursday, September 16, 2021
Home Militer PELATIHAN BINTALSIK CALON TARUNA TARUNI BP3 JAYAPURA BERAKHIR

PELATIHAN BINTALSIK CALON TARUNA TARUNI BP3 JAYAPURA BERAKHIR

Pelatihan Pembinaan Mental dan Fisik (Bintalsik) calon Taruna dan Taruni Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (BP3) Jayapura Angkatan Ke II di Mako Yonmarhanlan X Jayapura resmi berakhir, Rabu (02/08/2017).

Pelatihan yang berlangsung selama kurang lebih 14 hari mulai tanggal 20 Juli hingga 02 Agustus 2017 tersebut diikuti 115 peserta yang terdiri dari 3 Korps yaitu 47 Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara, 46 Aerodrome Multi-Purpose Officer (AMPO) dan 22 Aerodrome Control Tower dengan tenaga pelatih para prajurit Yonmarhanlan X.

Setelah serangkaian kegiatan dan materi Bintalsik selesai, Kepala Balai Diklat Penerbangan (Kabalai BP3) Jayapura, Genny Luhung Prasojo, SS, MM.  secara resmi menutup langsung kegiatan tersebut dan melantik Taruna dan Taruni BP3 Jayapura.

Dalam amanatnya Kabalai menyampaikan apresiasinya dan terimakasih kepada Danyonmarhanlan X Mayor Marinir Sugeng Purwanto dan kepada para pelatih yang telah bekerjasama dalam memberikan pelatihan Bintalsik.

“Kepada para Taruna dan Taruni, Selamat atas pelantikannya, Kami bangga atas keberhasilan kalian yang mampu melewati pelatihan Bintalsik dengan semangat dan sungguh-sungguh, semoga kerjasama ini bisa terjalin harmonis dan berkelanjutan sebagai acara tahunan,” pungkasnya.

Komandan Yonmarhanlan X Mayor Marinir Sugeng Purwanto dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa pelatihan yang diberikan merupakan Pembinaan Mental dan Fisik (Bintalsik).

“Tujuan Bintalsik sendiri, adalah untuk membentuk sumber daya manusia yang berdisiplin tinggi, jujur, bertanggung jawab, berintregitas tinggi dan bisa menjadi taruna dan taruni yang tanggap tanggon dan trengginas,” jelasnya.

Selama mengikuti pelatihan para peserta mendapatkan beberapa materi diantaranya ketangkasan beladiri militer, Peraturan Baris Berbaris (PBB), SAR darat dan laut, visual tracking, mountenering, survival.

“Setiap hari Kegiatan tersebut melibatkan 20 orang anggota Marinir terdiri dari 17 orang pelatih dan 3 orang tenaga kesehatan,” tambah Danyon.

Sebagai bentuk menjaga semangat dalam pelatihan, acara ditutup dengan menggelar malam api Unggun yang dipimpin oleh Lettu Marinir Yahya Yusuf selaku Katim Pelatih.

Menurut Katim, acara api unggun mengandung makna dan pesan moral yang luas, yang memiliki aura sakral, wibawa, dan penuh rasa khidmat.

“Kegiatan api unggun pun menjadi momen menyenangkan yang paling ditunggu para peserta latihan sebelum melaksanakan long March menuju balai Diklat BP3 Jayapura esok harinya,” terangnya.

Seluruh rangkaian kegiatan diakhiri dengan long march yang mengambil start dari Yonmarhanlan X dam finish di Balai Diklat BP3 Jayapura.

(Dispen Kormar)

Sumber : http://www.tnial.mil.id/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/38099/Default.aspx

Most Popular

Recent Comments