Wednesday, October 27, 2021
Home Nasional Pelatihan Membatik Bagi Masyarakat Desa

Pelatihan Membatik Bagi Masyarakat Desa

PATI – Siapa yang tak kenal dengan kerajinan batik, sebuah warisan leluhur yang masih eksis hingga saat ini.

Hari ini Selasa (17/04), bertempat di Balai Desa Godo Kecamatan Winong dilaksanakan pelatihan kerajinan batik yang nantinya bisa dikembangkan sebagai usaha bagi warga desa Godo Kecamatan Winong serta untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, khususnya kalangan menengah kebawah.

Di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, banyak jenis dan ragam kerajian batik, seperti batik Bakaran Juwana, Batik Pesantenan Tambakromo, dan masih banyak batik-batik lainnya yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Pati.

Pelatihan membuat kerajinan batik yang dilaksanakan kali ini adalah berkat kerjasama Pemerintah Daerah Kabupaten Pati dengan Kodim Pati. Kegiatan ini merupakan event yang menarik, disamping untuk melestarikan budaya leluhur Indonesia juga bertujuan mencetak generasi muda cinta akan batik.

Acara pelatihan batik dibuka langsung oleh Suwarno S.Pd, S.H, M.M, PJ Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati. Sebelum acara pelatihan kerajinan batik dimulai, Serda Anang anggota Kodim Pati memberikan motivasi kepada ibu-ibu peserta pelatihan membatik yang diikuti sekitar 20 peserta.

Ada empat hal yang disampaikan Serda Anang dalam memotivasi peserta pelatihan, antara lain niat yang tulus untuk mengikuti pelatihan, timbulkan semangat dalam mengikuti pelatihan agar ilmu yang kita dapat bisa bermanfaat bagi kita dan orang lain, yang terakhir berdoa, “apapun yang kita kerjakan harus disertai doa. Dengan doa, karena dengan berdoa akan mengiringi keberhasilan suatu usaha,” ujarnya.

Dwi Astuti dari Desa Tawangharjo Kecamatan Winong sebagai nara sumber menyampaikan bahwa, “kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat serta mengembangkan warisan leluhur yang perlu dijaga dan diwariskan kepada generasi yg akan datang.”

Dalam kesempatan yang sama PJ Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pati menjelaskan, “Pemerintah Kabupaten Pati berupaya mengangkat potensi wilayah serta berusaha semaksimal mungkin mengangkat desa Godo Kecamatan Winong agar bisa dikenal wisatawan melalui hasil ketrampilannya. Saya juga sangat berterima kasih atas antusias warga desa Godo untuk mengikuti pelatihan batik yang diselenggarakan Kodim Pati,”jelasnya. (Wono/Jasm)

Ditulis oleh: Catur Wono

Sumber : Pelatihan Membatik Bagi Masyarakat Desa
Pelatihan Membatik Bagi Masyarakat Desa
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments