Tuesday, July 27, 2021
Home MINYAK & GAS Pembahasan RUU Migas Diharapkan Tidak Molor Lagi

Pembahasan RUU Migas Diharapkan Tidak Molor Lagi

Revisi Undang-Undang Migas (RUU Migas) hingga kini masih dalam tahap pembahasan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR-RI). Dalam hal ini, Komisi VII DPR RI telah mengkoordinasikan dengan Badan Legislasi guna mencari titik temu untuk mengharmonisasikan RUU Migas dengan aturan yang sudah berlaku.

“Yang menjadi perhatian bersama Baleg dan Komisi VII adalah RUU Migas yang sedang dibahas jangan sampai menimbulkan masalah baru. Jangan sampai UU ini setelah disahkan oleh DPR dan pemerintah malah dibatalkan Mahkamah Konstitusi (MK),” ujar Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI, Totok Daryanto, di Kompleks Parlemen Senayan, belum lama ini.

Lebih lanjut, Totok menargetkan bahwa dalam pembahasan RUU Migas ini harus selesai pada periode masa jabatan legislatif, yaitu tahun 2019. Oleh karenanya, ia meminta agar pembahasan RUU Migas ini tidak molor lagi.

“Undang-Undang Migas ini harus selesai pada periode ini. Ini jelas harus menjadi komitmen kita, karena ini di periode lalu sudah pernah dimunculkan tapi tidak selesai,” terangnya.

Di samping itu, Totok bersama dengan Komisi VII juga menyoroti tentang perlu tidaknya pembentukan Badan Usaha Khusus (BUK) yang nantinya memiliki tugas untuk menjaga kedaulatan migas di Indonesia. Namun, Totok menolaknya.

Menurutnya, BUK dalam RUU ini memiliki definisi yang rancu dengan RUU BUMN yang sedang di garap Komisi VI. Di satu sisi ada yang mengharapkan BUK ini di bawah kendali BUMN, di lain pihak ada yang berharap BUK bersifat lex specialis di luar dari kewenangan BUMN.

“BUK itu kan Badan Usaha Khusus yang tidak di bawah menteri BUMN, sementara seluruh badan usaha negara harus di bawah Menteri BUMN. Itu bisa juga kalau pemerintah setuju, karena kita pernah punya Pertamina dulu itu lex specialis, tidak sama dengan BUMN lain. Tergantung kesepakatan DPR dengan Pemerintah, jadi nanti ada komunikasi dengan pemerintah,” pungkasnya.

 

Sumber : Pembahasan RUU Migas Diharapkan Tidak Molor Lagi
Pembahasan RUU Migas Diharapkan Tidak Molor Lagi
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments