Pembekalan Panglima TNI di SMU Taruna Nusantara 2014

0
800

1 (2)Pembekalan Panglima TNI Kepada Peserta Karya Wisata Kelas XI Siswa SMA Taruna Nusantara Angkatan XXIII

Jakarta, 18 Maret 2014.

21Pengarahan kepada siswa SMA Taruna Nusantara Angkatan XXIII, Magelang, yang mengusung tema “Jiwa Patriotisme Pemuda dan Kepemimpinan Bangsa di Masa Depan”.

Pendirian SMA TN dalam rangka menyiapkan calon pemimpin bangsa yang memiliki keunggulan dalam Human Capital 4 pokok yaitu: Emosional Capital, Intelektual Capital, Social Capital dan Spiritual Capital, serta ditunjang dengan integritas, loyalitas kepada Negara dan bangsa.

31Bangsa Indonesia telah memiliki nilai-nilai kepemimpinan yang cukup baik dan teruji, yang digali dari akar budaya bangsa, yaitu kepemimpinan Pancasila dengan azas-azas dan prinsip-prinsip kepemimpinan, yang sama dengan Inspiring Leadership, Namun sangat tergantung kepada kualitas dan kapasitas para pemudanya, termasuk para siswa sekalian.

Pemuda adalah pemimpin masa depan. Ungkapan ini begitu terkenal dan telah menjadi kenyataan. Selain itu juga adanya sebuah pernyataan bahwa masa depan terletak di genggaman para pemuda. Artinya, baik buruknya suatu bangsa di masa datang, di tentukan oleh baik buruknya pemuda di masa kini. Ungkapan tersebutlah yang menjadi barometer dan standarisasi dalam pembinaan dan mendidik generasi muda untuk melanjutkan estafet perjuangan. Pemuda merupakan pilar kebangkitan bangsa. Dalam setiap kebangkitan, pemuda merupakan rahasia kekuatannya.

Dalam setiap kiprah, pemuda adalah pengibar panji-panji bangsa dan negara. Ada dua hal yang menonjol pada diri pemuda Indonesia dalam sebuah gerakan bangsa guna menghadapi tantangan globalisasi yang memiliki kecenderungan melemahkan kekuatan, kemampuan dan bahkan menghancurkan nasionalisme.

Pertama, Pemuda kedudukannya sebagai basis operasional kemajuan bangsa dan kedua perannya dalam proses kaderisasi kepemimpinan yang dilandasi pilar-pilar Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

41Hadir dalam pengarahan Panglima TNI adalah Kasum TNI, Irjen TNI, para Asisten TNI, para Pati Ahli Panglima TNI, Mayjen TNI Dr. Ir. Suharno M.M. yang ketiga putra-putrinya sekolah di SMA Taruna Nusantara Angkata X, XIV dan XVI.

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here