Sunday, November 28, 2021
Home Nasional Pemerintah Buka Pendaftaran 19.210 CPNS untuk Lulusan SMA dan Sarjana

Pemerintah Buka Pendaftaran 19.210 CPNS untuk Lulusan SMA dan Sarjana

Pemerintah melalui seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) memberikan kesempatan bagi putra dan putri terbaik bangsa untuk mengabdi dan menempati sejumlah posisi di Mahkamah Agung (MA) dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Asman Abnur.

Asman mengatakan formasi untuk kedua lembaga tersebut akan berjumlah 19.210 orang, dengan rincian 1.684 CPNS untuk Mahkamah Agung (MA) dan 17.962 CPNS di Kemenkumham.

“Jumlah tersebut termasuk untuk mengakomodir putra dan putri lulusan terbaik (cumlaude) dan putra/putri Papua dan Papua Barat. Untuk lulusan cumlaude kuotanya sebanyak 468 orang, sedangkan putra/putri Papua dan Papua Barat sebanyak 301 orang,” kata Asman dalam keterangan persnya di Kementerian PANRB, Jakarta, Selasa (11/7).

Untuk posisi di MA, akan dipilih 1.684 calon hakim pada peradilan umum, peradilan agama dan peradilan tata usaha negara. Kualifikasi untuk posisi ini hanya terbatas untuk sarjana hukum, sarjana syariah dan sarjana hukum Islam.

Sementara itu, posisi di Kemenkumham akan terdiri dari 21 jabatan, termasuk 14.000 penjaga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) untuk lulusan SMA dan 2.278 tenaga analis keimigrasian untuk sejumlah lulusan sarjana bidang Hukum, Sosial Politik, Ekonomi, Akuntansi, Komunikasi, Teknik Informatika, Teknik Komputer dan Bahasa Asing.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui https://sscn.bkn.go.id pada tanggal 1 s.d. 31 Agustus 2017.

Satu orang pelamar hanya bisa mendaftar untuk satu jabatan di satu instansi. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi berhak mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Selain SKD, juga akan dilakukan Seleksi kompetensi bidang (SKB).

Asman juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap sejumlah pihak yang berusaha mengambil keuntungan dari seleksi penerimaan tersebut.

“Jangan percaya kalau ada pihak-pihak yang menawarkan jasa bisa meluluskan seseorang dengan imbalan sejumlah uang. Jangan mau menjadi korban percaloan,” kata Asman.

 

Sumber : Pemerintah Buka Pendaftaran 19.210 CPNS untuk Lulusan SMA dan Sarjana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments