Wednesday, October 27, 2021
Home Nasional Pemerintah Diminta Fokus Tangani Inflasi Khususnya di Sektor Pangan

Pemerintah Diminta Fokus Tangani Inflasi Khususnya di Sektor Pangan

Pengamat Ekonomi Pertanian, Dani Setiawan mengatakan bahwa pemerintah perlu fokus menjaga laju inflasi. Pasalnya tingginya kenaikan inflasi pada saat ini lebih banyak disumbangkan dari sektor pangan.

“Kenaikan harga bahan pokok memberikan sumbangan yang cukup besar pada peningkatan inflasi di tanah air,” demikian kata Dani Setiawan saat dihubungi Jitunews.com, Rabu (29/3).

Lebih lanjut, ia meminta kepada pemerintah untuk fokus dalam menekan laju inflasi di tanah air dengan secara serius menjaga kondisi harga kebutuhan pangan pokok.

 

Menurutnya, fluktuasi harga kebutuhan pokok akan memberikan dampak yang cukup besar pada kenaikan inflasi. “Ini terbukti dari tahun-tahun sebelumnya,” katanya.

Seperti diketahui, pada tahun 2016 yang lalu, laju inflasi di Indonesia mencapai 3,02 persen. Presiden Joko Widodo dalam rapat kerja dengan para menteri kabinet kerja meminta kepada menteri perdagangan untuk bisa menahan laju inflasi tersebut. Pasalnya kenaikan inflasi akan sangat mengganggu sektor perekonomian tanah air.

Presiden berharap, kenaikan inflasi bisa dibendung di angka 3 persen. “Jangan sampai inflasi ini naik sampai 3,5 persen, kita justru mengharapkan inflasi harus terus turun 0 sampai 1 persen,” kata Presiden.

@jitunews http://www.jitunews.com/read/55818/pemerintah-diminta-fokus-tangani-inflasi-khususnya-di-sektor-pangan#ixzz4cmRUej7N

Most Popular

Recent Comments