Sunday, October 17, 2021
Home ENERGI UMUM Pemerintah Kirim Tim Sektor Energi Indonesia ke India

Pemerintah Kirim Tim Sektor Energi Indonesia ke India

Pemerintah saat ini telah memberangkatkan tim yang terdiri dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan BUMN sektor ESDM untuk melanjutkan hasil-hasil pertemuan antara pemerintah Indonesia dengan delegasi India. Hal tersebut merupakan kelanjutan dari hasil pertemuan “The 1st Indonesia-India Energy Forum” di Indonesia beberapa waktu lalu.
Tim yang terdiri dari Kementerian ESDM, PLN, PGN, Pertamina dan perusahaan batubara tersebut direncanakan akan berada di India hingga tanggal 6 Mei 2017 mendatang untuk membahas tindaklanjut kesepakatan-kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya di Indonesia.

 

Keberangkatan delegasi Indonesia ini juga merupakan arahan dari Menteri ESDM, Ignasius Jonan, dalam pertemuan awalnya pada “The 1st Indonesia-India Energy” yang berjanji akan mengirimkan tim kecil yang terdiri dari perwakilan pemerintah Indonesia dan BUMN.
Menurut Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama ESDM, Sujatmiko, tim ini nantinya akan membahas tindak lanjut beberapa kesepakatan-kesepakatan yang telah dibuat di Indonesia.
“Pemerintah Indonesia ingin menjalin kerjasama terkait sektor ESDM dengan pemerintah India seperti refinery dan konversi energi. Kita juga akan bekerjasama di bidang batubara termasuk coal gasification,” ujarnya, Selasa (2/5/2017).

 

Tim ini, lanjut Sujatmiko, juga akan membicarakan pengalihan turbin gas milik pemerintah India ke pemerintah Indonesia. Dalam hal ini, diketahui bahwa turbin gas listrik di India sudah tidak beroperasi lagi.
“Sudah tidak beroperasi karena ketiadaan pasokan gasnya akan kita coba untuk dioperasikan di Indonesia. Mereka (pemerintah India) juga tertarik untuk berinvestasi di sektor migas dengan skema gross split,” terangnya.

 

Sebagai informasi, pada pertemuan pertama “The 1st Indonesia-India Energy Forum” yang diadakan di Kementerian ESDM beberapa waktu yang lalu, telah sepakat untuk dilakukan kerja sama di sektor ESDM seperti di bidang minyak dan gas bumi, terkait teknologi refinery, pembangunan Floating Storage and Regasification Unit (FSRU), joint venture dalam Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG).
Selain itu, sistem Production Sharing Contract (PSC) blok migas yang ada di Indonesia juga akan dipelajari, serta berkolaborasi dalam meminimalkan biaya produksi LNG, serta berkolaborasi dalam pengembangan jaringan gas kota di Indonesia.

 

Sumber : Pemerintah Kirim Tim Sektor Energi Indonesia ke India
Pemerintah Kirim Tim Sektor Energi Indonesia ke India
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments