Pemerintah Prioritaskan Eksplorasi Minyak di Blok East Natuna

0
84

Jakarta – Kegiatan eksplorasi pada lapangan minyak dan gas (migas) yang ada di Natuna kembali digulirkan, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) lebih memprioritaskan pencarian minyak pada Blok East Natuna.

Pelaksana tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan, di Blok East Natuna terdapat dua lapangan, masing-masing mengandung minyak dan gas.

“Natuna itu kan ada gas ada minyak,” kata Djoko, di┬áJakarta, Selasa (7/1).

Menurutnya, pemerintah akan mendorong terlebih dahulu pencarian lapangan yang mengandung minyak di Blok East Natuna. Sebab, lapangan yang mengandung gas mayoritas merupakan karbon dioksida (CO2), hal ini memerlukan teknologi dan keekonomian investasi.

Minyak itu lah yang mau dikembangkan ada dua lapangan di situ, satu gas satu minyak kan dan gas yang kandungan CO2nya 70 persen, itu nanti dulu dikembangkan ini yang minyak dulu,” paparnya.

Pertamina Diminta Cari Mitra

Untuk melakukan eksplorasi kandungan minyak, pemerintah pun mendorong PT Pertamina (Persero) selaku operator Blok East Natuna untuk mencari mitra. Kemudian melakukan pengajuan pemindahan eksplorasi dari gas ke minyak.

“Ya paralel saja kan ada kewajiban untuk melakukan eksplorasi, nah ini yang dari gas dipindahin eksplorasi ke minyak jadi proses itu,” tandasnya.

Sumber : Merdeka.com