Friday, January 28, 2022
Home Nasional Pemerintah Resmi Cabut Badan Hukum HTI Hari Ini

Pemerintah Resmi Cabut Badan Hukum HTI Hari Ini

Badan hukum Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) resmi dicabut oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Berikut adalah pertimbangan atau alasan pemerintah, dalam hal ini Kemenkumham, mencabut badan hukum HTI.

Dirhen Administrasi Hukum Umum Kemenkumham Freddy Haris mencoba membeberkan sejumlah alasan pencabutan badan hukum tersebut.

Yang pertama adalah HTI telah mengingkari AD/ART nya sendiri yang mana mencantumkan Pancasila sebagai ideologi namun tak ditunjukan dalam kegiatannya di lapangan.

“Mereka mengingkari AD/ART mereka sendiri. Berdasarkan saran dari instansi lainnya, maka hal-hal tersebut menjadi pertimbangan pencabutan badan hukum HTI,” tutur Freddy dalam keterangan persnya, Rabu (19/7).

“Dengan pencabutan ini maka ormas HTI resmi dibubarkan,” ungkapnya menegaskan.

Adapun dasar dari pencabutan badan hukum HTI itu adalah Perppu No 2 Tahun 2017 yang berisi tentang Organisasi Kemasyarakatan.

“Tindakan tegas diberikan kepada perkumpulan atau ormas yang melupakan upaya atau aktivitas yang tidak sesuai dengan ideologi Pancasila dan konsep NKRI,” kata Freddy.

Ia menegaskan, pencabutan badan hukum HTI telah dipertimbangkan secara matang dan tanpa alasan politis.

“Ini merupakan sinergi badan-badan pemerintah yang berada di ranah politik, hukum dan keamanan,” ungkapnya.

Dengan pencabutan badan hukum tersebut, maka terhitung dari 19 Juli 2017, Hizbut Tahrir sebagai organisasi masyarakat resmi dibubarkan.

 

 

Sumber : Pemerintah Resmi Cabut Badan Hukum HTI Hari Ini
Pemerintah Resmi Cabut Badan Hukum HTI Hari Ini
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments