Wednesday, October 27, 2021
Home Nasional Pemerintah Tingkatkan Fasilitas bagi Jemaah Haji

Pemerintah Tingkatkan Fasilitas bagi Jemaah Haji

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani menggelar rapat koordinasi tingkat menteri guna membahas persiapan penyelenggaraan ibadah haji, yang dihadiri oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Syarifudin; Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek; dan Menteri Perhubungan, Budi K Sumardi.

Menko PMK, Puan Maharani mengatakan saat ini pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Kementrian Agama, Kementerian Kesehatan, dan Kementrian Transportasi untuk memastikan langkah antisipasi terhadap jumlah kuota haji Indonesia.

“Kuota jemaah haji Indonesia diketahui sudah kembali normal 100% atau menjadi 221 ribu calon jemaah, termasuk tambahan kuota sebanyak 10 ribu jemaah terdiri atas 204.000 calon haji reguler dan 17.000 calon haji khusus. Jumlah haji yang kini masih dalam daftar tunggu paling lama atau rata rata 29 tahun di Sulawesi Selatan, sementara, dan yang paling cepat yaitu rata-rata 11 tahun di provinsi Sulawesi utara,” ujar Puan di Kementrian PMK, Jakarta, Rabu (22/3/2017).

 

Kementrian PMK telah memperbanyak jumlah petugas haji untuk mengoptimalkan layanan-layanan umum termasuk pelayanan kesehatan. Selain itu, pemerintah juga mengganti biaya paspor haji, pengurusan pondok jemaah haji yang memiliki fasilitas setara hotel bintang tiga, rute penerbangan yang lebih efisien dengan mendarat di Madinah dan Jeddah, layanan bus yang beroperasi 24 jam, dan peningkatan konsumsi di Mekah dari 15 menjadi 24 kali.

Dalam hal ini, Menko PMK juga menyebut sejumlah hal yang menjadi perhatian dalam penyelenggaraan ibadah haji 2017, mulai dari bimbingan manasik haji, pelayanan kesehatan haji pada masa tunggu keberangkatan, pelayanan asrama haji, penetapan biaya penyelenggaraan ibadah haji, kuota dan pelunasan, pendaftaran dokumen dan visa, katering dan lain-lain.

“Semua persiapan memang benar-benar kita harus lakukan dengan sungguh-sungguh. Kita harus mengingat betul bahwa dengan penambahan jumlah kuota haji ini, berarti jumlah orang yang akan kita layani semakin banyak,” tutupnya.

@jitunews http://www.jitunews.com/read/55383/pemerintah-tingkatkan-fasilitas-bagi-jemaah-haji#ixzz4c7WqbdfA

Most Popular

Recent Comments