Saturday, July 31, 2021
Home Nasional Pemprov DKI Tak Bisa Mendata Absensi PNS karena Listrik Padam

Pemprov DKI Tak Bisa Mendata Absensi PNS karena Listrik Padam

Hari pertama kerja tahun 2018 data kehadiran ribuan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta belum ada. Pihak Bidang Pengendalian Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov DKI Jakarta berasalan data kehadiran tidak ada karena pemadaman listrik.

“Bukan nggak masuk ya, tapi hari ini yang belum ada keterangan karena memang ada yang belum online. Adanya pemadaman listrik itu kan mengganggu juga sistem absensi di kami. Jadi pukul 11.04 WIB tadi kami tarik lagi datanya dari 69.394 pegawai yang belum ada keterangan itu 4.526,” kata Kepala Bidang Pengendalian BKD Kamarukmi Sulistyowati, di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (2/1/2018).

Sulistyowati menuturkan ada ratusan mesin absen di beberapa kantor SKPD DKI Jakarta terkendala karena pemadaman listrik. Karena itu, laporan kehadiran pada hari pertama ini tetap dibuka hingga pukul 16.00 WIB.

 

“(Pelaporan kehadiran) terus kami buka sampai pukul 16.00 WIB nanti. Artinya kalau pukul 16.00 WIB kan ada keterangan misalkan. Yang sekarang ini ada kendala jari tidak terbaca, mati listrik. Mesin rusak itu ada 398,” ujar dia.

Untuk mengetahui PNS yang datang terlambat hari ini diberlakukan sistem manual. Laporan kehadiran yang terlambat harus sepengetahuan pimpinan, dalam hal ini Kepala Dinas atau Kepala Badan.

“Kalau mesin mati mereka memang absen manual dan harus ada keterangan dari kepala SKPD, itu harus ada,” terang Sulistyowati.

Sulistyowati mengingatkan bagi PNS yang hari ini datang terlambat tetap menerima sanksi. Sanksinya berupa pemotongan Tunjangan Kerja Daerah (TKD) dan teguran disiplin.

“(Sanksi) keterlambatan tetap ada. Sistem akan langsung memotong TKD. Walaupun hanya 5 menit atau 10 menit tetap langsung, nggak cuma TKD tapi juga disiplinnya,” tutur dia.

 

 

 

 

Sumber : https://news.detik.com/berita/d-3795655/pemprov-dki-tak-bisa-mendata-absensi-pns-karena-listrik-padam

Most Popular

Recent Comments