Thursday, December 9, 2021
Home Nasional Pencabutan Status Hukum HTI Dimumkan Hari Ini

Pencabutan Status Hukum HTI Dimumkan Hari Ini

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) akan mencabut badan hukum ormas Hizbut Tahrir Indnonesia (HTI) yang akan diumumkan hari ini, Rabu (19/7).

“Cabut badan hukum ya,” kata Humas Kementerian Hukum dan HAM, Fitriadi Agung Prabowo seperti yang dikutip dari detikcom, Rabu (19/7).

Pengumuman pencabutan status badan hukum HTI akan dilakukan sekitar pukul 10.00 WIB di Gedung Kementerian Hukum dan HAM, Kuningan, Jakarta. Pengumuman akan dilakukan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly.

Sebelumnya, pemerintah mengeluarkanPerppu Nomor Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas). Perppu tersebut mengatur tentang pembubaran ormas yang bertentangan dengan Pancasila.

Pihak HTI juga mengadakan konferensi pers pada Rabu (12/7), pihaknya menyampaikan keberatan dengan dikeluarkannya Perppu 2/2017 tentang ormas. Bahkan, tim kuasa hukum HTI sudah mengajukan uji materi ke MK kemarin, Selasa (18/7).

“Kami menolak kehadiran Perppu ini dengan cara mengajukan perkara ke MK. Kami melawan menggunakan cara-cara yang damai, sah dan konstitusional,” kata Yusril melalui akun Twitternya, @Yusrilihza_Mhd, Selasa (18/7).

 

 

Sumber : Pencabutan Status Hukum HTI Dimumkan Hari Ini
Pencabutan Status Hukum HTI Dimumkan Hari Ini
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments