Saturday, October 16, 2021
Home KESEHATAN Peneliti: Wanita di Atas 30 Tahun Mudah Terjangkiti Kanker Serviks

Peneliti: Wanita di Atas 30 Tahun Mudah Terjangkiti Kanker Serviks

Peneliti Utama Divisi Penelitian Genetik Kanker, Stem Cel dan Kanker Institute, Ahmad Rusdan H Utomo, PhD, mengungkapkan bahwa wanita yang berusia 30 tahun ke atas mudah terjangkiti kanker khususnya kanker serviks. Penelitian ini dilakukan di Jakarta pada tahun 2012 lalu.

Ahmad memberikan contoh dari kasus Almarhumah artis Julia Perez (Jupe) yang terserang kanker serviks. Kata Ahmad, kanker serviks dapat menjangkiti kaum hawa karena adanya virus berbahaya human papillomavirus atau HPV.

“Itu ada virus yang menjangkiti orang yang berhubungan seksual baik yang sah maupun tidak sah,” kata Ahmad kepada Jitunews.com di sela-sela ‘Buka Puasa Bersama Dengan PT Kalbe Farma Tbk’, di Al Jazeerah Siganature Restaurant & Lounge, Function Rooms lt 4, jl Johar no 4, Jakarta Pusat, Selasa (13/6) malam.

“Seandainya Jupe rutin memeriksa pap smear dan cek juga HPV mungkin resiko kematian bisa dihindari. Kalau pap smear itu mendeteksi sel dari yang normal ke yang berpotensi kanker,” tutur ia menambahkan.

Ahmad pun memiliki data dari sampel 2.000 wanita di Jakarta, dari 15 virus HPV, yang sangat bahaya itu adalah tIpe nomer 16, 18, 45, dan 52.

Oleh karena itu, menurut ia, cara mudah dalam mencegah kanker serviks yaitu dengan memberikan vaksin bagi wanita di bawah 30 tahun. Karena vaksin mampu menghilangkan kanker serviks.

Kanker serviks divaksin lebih dini itu sembuh. Vaksin itu bagusnya untuk yang muda-muda. Itu cover-nya untuk yang 16 dan 18. Sedangkan yang 45 dan 52 belum dijamin,” jelas Ahmad.

Namun demikian, lanjut Ahmad, untuk wanita di atas 30 tahun, pemberian vaksin tidak begitu efektif.

“Kalau di atas 30 tahun itu penting deteksi HPV dan cek pap smear juga. Contohnya Jupe sudah terlambat,” tandasnya.

 

Sumber : Peneliti: Wanita di Atas 30 Tahun Mudah Terjangkiti Kanker Serviks
Peneliti: Wanita di Atas 30 Tahun Mudah Terjangkiti Kanker Serviks
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments