Wednesday, October 27, 2021
Home Militer PENEMUAN NARKOBA JENIS SABU-SABU OLEH SATGASPAM BANDARA TNI AL JUANDA DI REGULATED...

PENEMUAN NARKOBA JENIS SABU-SABU OLEH SATGASPAM BANDARA TNI AL JUANDA DI REGULATED AGENT PT. ANGKASA PURA LOGISTIK TERMINAL CARGO T1 BANDARA INTERNASIONAL JUANDA

Kesigapan Satuan Tugas Pengamanan Bandara Internasional Juanda (Satgaspam TNI AL) kembali diuji, hanya dalam kurun waktu kurang dari 48 jam terjadi lagi upaya penyelundupan benda terlarang berupa Narkoba jenis Sabu di Terminal Kargo Domestik T1 Juanda. Namun demikian tindakan illegal kembali dapat digagalkan Satgaspam TNI AL.

Setelah sebelumnya pada Jumat dini hari tanggal 29 Desember 2017 upaya penyelundupan Narkoba jenis Sabu seberat 277,5 Gram yang dikirim lewat barang muatan Cargo Bandara berhasil digagalkan, upaya yang sama terjadi pada hari Sabtu 30 Desember 2017 pukul 20.30 WIB dengan jumlah yang lebih besar yaitu seberat 315 Gram, namun kembali bisa digagalkan oleh Satgaspam TNI AL.

Keberhasilan ini merupakan hasil dari kerjasama antara Satgaspam Bandara TNI AL Juanda dengan pihak Regulated Agent  PT. Angkasa Pura Logistik. Berawal dari kecurigaan petugas Avsec RA PT. APL yang saat melaksanakan pemeriksaan X-Ray terhadap barang kiriman Cargo dari salah satu ekspedisi di Surabaya. Petugas mendeteksi pada layar monitor menunjukkan bahwa salah satu kemasan barang terdapat benda mencurigakan berupa serbuk kristal. Selanjutnya pihak RA PT. APL berkoordinasi dengan Tim Pamtup Satgaspam TNI AL yang berada di Terminal 1 untuk melakuakan pengecekan fisik barang secara manual serta pihak Bea Cukai Bandara guna pengecekan dengan menggunakan Narcotest. Dari hasil pemeriksaan, dapat dipastikan bahwa benda seberat 315 Gram yang terbagi dalam 3 paket kantong plastik yang dicurigai tersebut adalah positif narkotika golongan 1 jenis Sabu-Sabu.

Paket barang Narkoba jenis Sabu yang ditemukan ini sengaja dimasukkan plastik pembungkus Snack Corn Chips bercampur dengan permen Menthos pada posisi antara satu bungkus tepung terigu kemasan 1 Kg dan satu bungkus tepung tapioca kemasan 500 Gram. Narkoba jenis Sabu ini pun dikirim oleh seseorang di Surabaya dengan tujuan Makassar, Route yang sama dengan hasil temuan Sabu sebelumnya. Dilihat dari modus penyelundupan yang digunakan oleh pelaku, sangat dimungkinkan pelaku merupakan jaringan yang sama.

Saat ini barang temuan Narkoba jenis Sabu ini dalam proses pengembangan Denpomal Lanudal Juanda bekerjasama dengan Instansi terkait baik BNN maupun Kepolisian Republik Indonesia.

Kesuksesan penggagalan penyelundupan Narkoba maupun barang-barang terlarang lainnya lewat Bandara Juanda ini menunjukkan bahwa sinergitas dan soliditas unsur-unsur terkait pengamanan Bandara Juanda betul-betul serius dalam upaya mencegah setiap usaha dan tindakan melawan hukum yang dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggungjawab. Sehingga kedepan pelaku tindak kejahatan akan berpikir dua kali untuk memanfaatkan Bandara Juanda untuk melakukan aksinya.

Sumber:
http://www.tnial.mil.id/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/42947/Default.aspx

Most Popular

Recent Comments