Wednesday, October 27, 2021
Home MINYAK & GAS Pengamat: Investasi Migas di Indonesia Menurun

Pengamat: Investasi Migas di Indonesia Menurun

Pengamat Minyak dan Gas (Migas) Pri Agung, menuturkan bahwasanya investasi migas di seluruh dunia kini tengah menurun, salah satunya di Indonesia. Hal ini disebabkan karena faktor tekanan eksternal yang signifikan.

“Implikasinya kita sudah sama-sama melihat. Sejak 2014, investasi di semua negara itu turun, sama di Indonesia juga turun. Terbukti di 2016 investasi migas hanya 11 miliar dollar, sebelumnya mencapai 15. Lebih tinggi lagi waktu tahun 2014 capai 20 m,” ujarnya saat diskusi di Kantor Chevron, Gedung Sentral Senayan, Jakarta, Selasa (16/5).

Dalam hal ini, lanjut Pri, ada istilah sumber daya, cadangan dan produksi. Dan yang bisa di produksikan atau di eksploitasi didalam aktivitas hulu migas itu adalah yang sudah berwujud cadangan khususnya cadangan yang terbukti atau prooven reserve.

“Sumber dayanya katanya banyak yang ada di tanah air, migas sampai 150 miliar barel. Itu bisa spelling kalau dia jadi cadangan semua,” terangnya.

Mengenai cadangan migas, Pri mencontohkan beberapa negara yang memiliki cadangan migas terbesar. Seperti di Venezuela maupun Arab Saudi yang cadangan migasnya sampai diatas 200 miliar barel.

Selanjutnya, Amerika memiliki cadangan migas diatas 40 miliar barel. Dan posisi Indonesia berada dibawah dengan memiliki cadangan sekitar 33,3 miliar barel.

Untuk mengubah sumber daya ini menjadi cadangan, Pri menyatakan bahwa Indonesia lewat Pertamina sebagai ‘tangan’, secara langsung melakukan eksplorasi. Meskipun di satu sisi tidak bersedia untuk mengambil resiko.

“Indonesia tidak ingin memposisikan diri bersedia mengambil resiko didalam eksplorasi. Kita bukan yang bersedia keluar ruang sendiri untuk mencari dan berusaha mengubah sumber daya ini menjadi cadangan. Harus friendly kepada investor. Ini filosofi dasar, prinsip,” jelasnya.

“Kita bisa mengerti ketika negara mengambil posisi tidak secara pro aktif mengambil resiko ini. Tetapi itu memerlukan konsekuensi dimana harus ada kompromi dan win win solution yang ditawarkan kepada investor siapapun itu,” cetusnya.

Sumber : Pengamat: Investasi Migas di Indonesia Menurun
Pengamat: Investasi Migas di Indonesia Menurun
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments