Pengamat: Pilkada Bukan Seperti Perlombaan Agustusan

0
41

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, mengumpulkan sejumlah kepala daerah untuk diberikan pembekalan jelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018.

Acara ini berlangsung di gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Alam (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri, Pasar Minggu, Jakarta, Rabu (6/12) lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Tjahjo mengingatkan bahwa kepala daerah setelah terpilih harus menepati janji politiknya kepada publik.

“Kepala daerah itu kan punya janji kampanye kepada masyarakat. Di mana saat mereka terpilih, janji itu harus dijadikan rencana jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. Fokusnya apa,” kata Tjahjo.‎

‎Mantan Sekjen PDI Perjuangan itu pun menegaskan, para kepala daerah hendaknya harus memastikan bahwa program strategis nasional harus berjalan dengan baik.

Menanggapi hal itu, Pengamat Politik dan Peneliti dari Indo Survey & Strategy, Herman Dirgantara, pun mengingatkan pentingnya setiap kandidat di Pilkada 2018 untuk berkampanye dengan berorientasi pada pendidikan politik.

“Saya kira, bicara soal janji politik, Pilkada 2018 nanti harus dimanfaatkan betul bagi tiap kandidat agar kontennya diarahkan pada pendidikan politik. Bagaimana momentum itu punya dampak edukasi. Jangan sekedarnya saja, yang penting menang, seolah-olah perlombaan Agustusan,” ujar Herman ketika dihubungi di Jakarta.

Herman pun menambahkan, setidaknya ada tiga hal yang perlu dicermati pada penyelenggaraan Pilkada serentak 2018 mendatang.

“Tiga hal saya anggap perlu jadi catatan agar Pilkada berlangsung secara berkualitas. Pertama, bagaimana tingkat partisipasi pemilih dan akurasi daftar pemilih. Berikutnya penyelenggaraan yang bebas politik uang dan kampanye hitam. Dan ketiga, netralitas aparatur sipil negara dan penyelenggara,” tutup Herman yang juga Wasekjen DPN ISRI (Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia) ini.

 

 

 

 
Sumber : Pengamat: Pilkada Bukan Seperti Perlombaan Agustusan
Pengamat: Pilkada Bukan Seperti Perlombaan Agustusan
Jitunews

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here