Monday, October 18, 2021
Home Jitu News Pengamat Ragukan Efektivitas Pemanfaatan Kartu Tani

Pengamat Ragukan Efektivitas Pemanfaatan Kartu Tani

Pengamat Pertanian, Khudori, mengatakan bahwa pihaknya masih meragukan efektivitas pemanfaatan Kartu Tani oleh para petani di lapangan. Menurutnya, para petani di desa tidak memiliki budaya gesek, yang nanti akan ditawarkan pemerintah melalui Kartu Tani.

“Petani di daerah cara berpikirnya sangat sederhana, mereka membeli barang dengan uang cash, mereka tidak memiliki budaya kartu gesek, yang bagi mereka cukup merepotkan,” demikian kata Khudori saat dihubungi Jitunews.com, Senin (19/6).

Menurutnya, Kartu Tani tersebut cukup merepotkan para petani dan juga para petugas di lapangan.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa para petani di daerah selalu menginginkan hal-hal yang instan dari pemerintah yang membuat mereka mudah menjangkaunya dan cepat pula urusannya. Misalnya, ketika petani membutuhkan pupuk, pupuknya ada dan langsung dibeli, demikian juga komoditas-komoditas lainnya.

Menurutnya, program yang dicanangkan pemerintah tersebut merupakan sebuah program yang sangat baik, namun program yang baik tersebut tidak begitu saja langsung diterima oleh masyarakat petani yang rata-rata berpendidikan rendah.

“Bagi kita, atau bagi pemerintah mungkin itu sangat mudah, tetapi bagi mereka sulit,” ujarnya.

Menurutnya, untuk bisa mengefektifkan pemanfaatan Kartu Tani tersebut perlu ada penyuluhan dan sosialisasi yang terus menerus kepada para petani di daerah sehingga mereka mengerti dan dengan mudah menggunakan Kartu Tani tersebut.

 

Sumber : Pengamat Ragukan Efektivitas Pemanfaatan Kartu Tani
Pengamat Ragukan Efektivitas Pemanfaatan Kartu Tani
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments