Monday, October 18, 2021
Home Jitu News Pengamat Sebut Kenaikan Produksi Pangan Tak Sebanding dengan Besarnya Anggaran Negara

Pengamat Sebut Kenaikan Produksi Pangan Tak Sebanding dengan Besarnya Anggaran Negara

Pemerintah Khususnya Kementerian Pertanian (Kementan) saat ini terus bangga dengan capaian produksi yang dihasilkan dari sektor pangan. Pasalnya, kenaikan produksi saat ini mampu mengendalikan impor beras dan sejumlah komoditas pangan lainnya.

Pengamat ekonomi pertanian, Andi Sinulingga, menilai bahwa kenaikan produksi yang terjadi saat ini masih tidak sebanding dengan besarnya anggaran negara yang dikucurkan untuk sektor pertanian.

“Anggaran untuk sektor pertanian yang dikeluarkan oleh negara cukup besar, capaian produksi saat ini masih belum sebanding dengan besarnya anggaran tersebut,” ujar Andi Sinulingga, saat dihubungi Jitunews.com, Senin(19/6).

 

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa besarnya anggaran yang dikeluarkan negara seharusnya memberi pengaruh yang besar bagi kesejahteraan para petani di daerah, tetapi hal tersebut tidak terjadi.

“Masyarakat petani kita masih menjadi kelompok masyarakat yang paling banyak hidup di bawah garis kemiskinan,” jelasnya.

Ia menegaskan bahwa seharusnya klaim kenaikan produksi pangan yang diklaim Kementerian Pertanian saat ini harus berdampak langsung pada kesejahteraan petani di daerah.

“Tetapi yang terjadi, masyarakat petani tidak mengalami perubahan kesejahteraan hidup. Sementara di sisi lain, pemerintah terus mengklaim keberhasilan produksi di sektor pertanian, ini kan sangat tidak sesuai,” katanya.

Pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2016, anggaran negara untuk subsidi di sektor pertanian mencapai Rp 52 triliun. Anggaran tersebut terdiri atas untuk subsidi pangan sebesar Rp 22 triliun dan Subsidi pupuk sebesar Rp 30 triliun.

Seperti diketahui, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darminan Nasution, sempat mengkritik sektor pertanian. Ia mengatakan bahwa peningkatan produksi pangan di sektor pertanian belum setara dengan tingginya anggaran yang dikeluarkan negara.

Pasalnya, negara menghabiskan anggaran hingga 52 triliun setiap tahun, tetapi sampai saat ini produksi pangan masih belum maksimal. Kenaikan produksi saat ini masih belum sebanding dengan besarnya anggaran yang dikeluarkan.

 

 

Sumber : Pengamat Sebut Kenaikan Produksi Pangan Tak Sebanding dengan Besarnya Anggaran Negara
Pengamat Sebut Kenaikan Produksi Pangan Tak Sebanding dengan Besarnya Anggaran Negara
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments