Penjelasan BMKG soal Cuaca Buruk Jakarta

0
467

Hujan deras disertai angin kencang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya pada Senin (11/12) siang hingga sore hari. Sejumlah kawasan tergenang banjir dengan ketinggian beragam, dan puluhan pohon-pohon pun tumbang.

Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Mulyono Rahadi Prabowo, menjelaskan hujan yang terjadi kemarin masuk dalam kategori hujan sangat lebat.

“Sudah dalam kategori hujan lebat, karena memang yang kita catat sekitar 90 milimeter per jam (curah hujannya) kemarin tapi itu terjadi dalam waktu yang pendek, dalam artian tidak 24 jam persis,” ujarnya kepada kumparan (kumparan.com), Selasa (12/12).

“Rata-rata yang tercatat di 8 lokasi pengamatan kita, dari 12 peralatan yang kita monitor itu, sekitar 70 sampai dengan 90 milimeter curah hujannya dalam 3 jam kemarin,” imbuhnya.

Hujan yang masuk dalan kategori sangat lebat itu, lanjut Mulyono, sudah termasuk dalam kelompok cuaca ekstrem.

“Kalau dianggap ekstrem sekali belum, tapi sangat lebat bisa sudah mengarah ekstrem. Ini (yang terjadi kemarin) bisa sudah termasuk dalam kelompok ekstrem juga untuk kategori yang sangat lebat ini,” paparnya.

Dalam pemaparannya kepada kumparan, Mulyono juga menjelaskan bahwa terdapat beberapa faktor yang menyebabkan cuaca ekstrem terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Salah satunya adalah Siklon Tropis Dahlia dan Cempaka yang baru saja usai.

“Pertama kebetulan angin dominan, dan kalau dalam kondisi cuaca ini istilahnya kita lagi break dari kondisi ekstrem akibat Cempaka, kemudian ada hujan-hujan lebat akibat Dahlia. Kemudian, istirahat ada jeda hujannya tidak terlalu berat dan tidak merata, barangkali kemarin sempat 5 sampai 7 hari kita sempat tidak hujan,” jelas Mulyono.

“Tapi karena ini secara umum masih musim hujan, jadi pada saat istirahat ini malah menyimpan energi, dan sekarang ini energinya semacam ditumpahkan semua. Sehingga hujan yang muncul pun terjadi sangat lebat, itu yang tejadi kemarin,” tutupnya.

 

 

 

Sumber : https://today.line.me/ID/pc/article/Penjelasan+BMKG+soal+Cuaca+Buruk+Jakarta-gqpRP2

Comments

comments