Friday, September 24, 2021
Home Tech Penjualan Mesin Perkakas Taiwan di Indonesia Meningkat

Penjualan Mesin Perkakas Taiwan di Indonesia Meningkat

Pertumbuhan ekonomi dan industri di Indonesia ternyata memberikan dampak yang sangat positif bagi produsen mesin perkakas asal Taiwan. Sebagaimana diketahui, saat ini penjualan produk-produk mesin perkakas asal Taiwan pun mengalami peningkatan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Peningkatan penjualan tersebut salah satunya dirasakan oleh Fu Chun Shin Machinery Manufacture Co., Ltd. (FCS), produsen mesin cetak injeksi molding asal Taiwan yang produk mesinnya memang sudah lama hadir di Indonesia. Dan saat ini pun, mereka tengah berencana untuk membangun pabrik pembuatan mesin perkakas di Indonesia.

“Untuk 2017 kan masih tengah tahun ya, jadi belum bisa kami beritahukan. Tapi kalau 2016 dibanding dengan tahun 2015 itu meningkat 200 persen. Itu membuktikan Indonesia memang betul-betul pasar yang bagus sekali,” kata Marketing Manager FCS, Kazuya Kanda, dalam konferensi pers bertajuk ‘Perfecting Every Business: The Machinery Industry and Related Trade Shows in Taiwan’ yang digelar di Resto Kembang Goela, Jakarta, belum lama ini.

Kazuya mengakui bahwa Indonesia memang pasar yang terbesar untuk produk-produk mesin FCS, lalu yang terbesar kedua yakni di Thailand, kemudian Vietnam. Ketiga negara tersebut untuk kawasan Asia Tenggara. Sementara di luar kawasan itu, produk-produk FCS sudah tersebar di Amerika Serikat (AS) dan juga di Brazil.

Untuk industri otomotif sendiri, Kazuya menuturkan bahwa produk-produk mesin mereka sudah banyak terjual ke perusahaan-perusahaan besar di Indonesia yang memproduksi otomotif. Selain di Indonesia, produk-produk mesin perkakas FCS untuk industri otomotif juga tersebar di beberapa negara besar, salah satunya yakni di India.

“Contohnya Tata Group di India, ada mesin kita yang beratnya mencapai 4.000 ton, dan juga (pabrikan) Honda yang ada di India juga beli mesin dari kita yang beratnya 1.000 ton. Benua Afrika juga ada di negara Kenya dan lainnya. Kalau di AS dan Brazil, di sana kita akan membangun branch office (kantor cabang) dalam waktu dekat,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Executive Director of Taiwan External Trade Development Council (TAITRA), Thomas Huang, menyatakan bahwa mesin perkakas Taiwan yang berkualitas tinggi telah membantu membangun hubungan perdagangan yang kuat antara Taiwan dan Indonesia. Terlebih Indonesia adalah mitra dagang terbesar ke-11 Taiwan.

Thomas lantas menekankan pentingnya industri peralatan mesin Taiwan. Semua peralatan mesin yang diproduksi memiliki reputasi tinggi dan berada di urutan kelima dalam volume ekspor dunia. Guna meningkatkan daya saing dan mempromosikan produk alat mesin buatan Taiwan, pihaknya akan menggelar sejumlah pameran berskala besar.

Yang pertama, yakni Taiwan Int’l Plastic, Rubber & Composites Show (PLASCOM) yang akan digelar pada tanggal 13-16 September 2017. Kemudian pada tanggal 2-5 April 2018 akan diadakan Taiwan International Woodworking Machinery Show (WOOD TAIWAN). Lalu, pada tanggal 9-12 Mei 2018 ada Taipei Intelligent Machinery & Manufacturing Technology Show (iMT).

“Ada juga Taipei Int’l Plastics & Rubber Industry Show (TAIPEI PLAS) pada tanggal 2-5 Agustus 2018. Serta Taipei Int’l Machine Tool Show (TIMTOS) pada tanggal 5-10 Maret 2019. Industri alat mesin Taiwan telah berhasil mencapai sukses di kancah global dan berada pada 5 besar dunia dalam hal output dan nilai ekspor,” tukas Thomas.

 

 

Sumber : Penjualan Mesin Perkakas Taiwan di Indonesia Meningkat
Penjualan Mesin Perkakas Taiwan di Indonesia Meningkat
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments