Sunday, August 1, 2021
Home Nasional Penulis Buku “Jokowi Undercover” Divonis Hari Ini

Penulis Buku “Jokowi Undercover” Divonis Hari Ini

Sidang kasus dugaan ujaran kebencian dalam buku Jokowi Undercover memasuki pembacaan vonis. Setelah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Blora oleh Polri, kasus buku Jokowi Undercover akan divonis hari ini. Vonis akan dibacakan majelis hakim di Pengadilan Negeri Blora, Jawa Tengah. Majelis Hakim Pengadilan Negeri Blora, Jawa Tengah, Senin (29/5/2017), akan membacakan putusan hukum terhadap terdakwa Bambang Tri Mulyono.

Jaksa telah menuntut penulis buku Jokowi Undercover itu dengan hukuman empat tahun penjara. Tuntutan tersebut dibacakan tim Jaksa Penuntut Umum dalam sidang lanjutan kasus buku Jokowi Undercover di Pengadilan Negeri Blora, pada hari Rabu, tanggal 10 Mei 2017. Sidang dipimpin Hakim Makmurin Kusumastuti dan hakim anggota Dwi Ananda FW dan Rr Endang Dewi Nugraheni.

Sebelumnya, Bambang Tri Mulyono ditetapkan sebagai tersangka karena menulis buku Jokowi Undercover. Buku tersebut dianggap berbau Suku, Agama, Ras dan Antar-golongan (SARA). Bambang menggunakan media sosial untuk mendistribusikan buku itu. Tidak ada toko buku yang menjual hasil karyanya tersebut.

Bambang pun ditangkap pada hari Jum’at, tanggal 30 Desember 2016, oleh Bareskrim Polri di Blora. Dia dibawa ke Jakarta untuk dimintai keterangan. Polisi akhirnya menyatakan kasus telah lengkap atau P21 pada hari Senin, tanggal 27 Februari 2017. Kasus tersebut dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Blora.

Bambang Tri dijerat Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, serta Pasal 207 KUHP tentang Penghinaan terhadap Penguasa.

 

 

Sumber : Penulis Buku “Jokowi Undercover” Divonis Hari Ini
Penulis Buku “Jokowi Undercover” Divonis Hari Ini
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments