Monday, August 2, 2021
Home Nasional Penyebar Isu Provokatif di Media Sosial Dibekuk Polisi

Penyebar Isu Provokatif di Media Sosial Dibekuk Polisi

Maraknya berbagai isu provokatif di media sosial telah meresahkan masyarakat luas. Hal itu juga kerap dianggap mengancam keharmonisan kehidupan sosial karena isu yang diproduksi lebih dominan berkaitan dengan provokasi suku, agama, ras dan golongan (SARA).

Aktivitas itu berhasil dibongkar oleh Kepolisian. Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri bersama Direktorat Keamanan Khusus Badan Intelijen Keamanan berhasil menangkap sejumlah oknum yang menjadi bagian dari sindikasi penyebaran konten media sosial bermuatan SARA pada hari Senin (26/2/2018).

Penangkapan dilakukan di sejumlah tempat. ML ditangkap di Tanjung Priok, RSD di Pangkal Pinang, RS di Bali, dan Yus di Sumedang.

Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Brigjen Pol Fadil Imran, mengatakan, para pelaku tergabung dalam grup WhatsApp “The Family MCA (Muslim Cyber Army)”.

“Berdasarkan hasil penyelidikan, grup ini sering melempar isu provokatif di media sosial,” ujar Fadil pada hari Selasa (27/2/2018).

Sejumlah isu yang disajikan oleh para pelaku antara lain berkaitan dengan isu kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI), penculikan ulama, dan mencemarkan nama baik Presiden, pemerintah, hingga tokoh-tokoh tertentu.

Selain itu, kata Fadhil, pelaku juga menyebarkan konten berisi virus pada orang tertentu.

“Menyebarkan virus yang sengaja dikirimkan kepada orang atau kelompok lawan yang berakibat dapat merusak perangkat elektronik bagi penerima,” kata Fadil.

Fadil menambahkan, para tersangka dijerat dengan dugaan menyebar ujaran kebencian kepada orang lain berdasarkan diskriminasi SARA.

Selain itu, mereka juga diduga sengaja dan tanpa hak menyuruh melakukan tindakan yang menyebabkan terganggunya sistem elektronik dan atau membuat sistem elektronik tidak bekerja sebagaimana mestinya.

 

Sumber : Penyebar Isu Provokatif di Media Sosial Dibekuk Polisi
Penyebar Isu Provokatif di Media Sosial Dibekuk Polisi
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments