Friday, October 22, 2021
Home Nasional Peran Setya Novanto Lebih Penting di Kasus e-KTP, KPK Berharap Dijatuhi Hukuman...

Peran Setya Novanto Lebih Penting di Kasus e-KTP, KPK Berharap Dijatuhi Hukuman Berat

KPK berharap majelis hakim menjatuhkan putusan maksimal terhadap Setya Novanto. Novanto disebut memiliki peran yang lebih penting dibanding terdakwa kasus korupsi e-KTP sebelumnya.

“Kalau apakah nanti vonis maksimal atau tidak, kami tidak tahu karena hakim yang tahu soal itu dan itu kewenangan hakim. Harapan KPK, tentu saja vonisnya maksimal, jadi dihukum seberat-beratnya,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di kantornya, Jakarta Selatan, Kamis (19/4).

KPK menyebut, peran Novanto lebih signifikan dibanding tiga terdakwa sebelumnya, yaitu Irman, Sugiharto, an Andi Agustinus alias Andi Narogong.

“Intinya, dari bukti-bukti yang dimiliki dan diajukan KPK di persidangan, bahkan kami yakin peran dari Irman, Sugiharto, dan Andi Agustinus itu lebih banyak, lebih signifikan peran dari Setya Novanto, kami duga, dibandingkan tiga terdakwa sebelumnya. Karena itu, kami berharap tentu nanti bisa dijatuhi vonis yang maksimal,” ujarnya

Irman dan Sugiharto divonis masing-masing 7 dan 5 tahun penjara, namun terakhir kali hukuman keduanya diperberat menjadi 15 tahun. Andi divonis 8 tahun lalu ditingkatkan menjadi 11 tahun.

Sedangkan Novanto dituntut hukum pidana selama 16 tahun dan denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan.

“Tapi sekali lagi, vonis itu adalah kewenangan hakim, tentu tidak tepat kalau KPK terlalu jauh bicara tentang itu,” kata Febri.

Sumber : Peran Setya Novanto Lebih Penting di Kasus e-KTP, KPK Berharap Dijatuhi Hukuman Berat
Peran Setya Novanto Lebih Penting di Kasus e-KTP, KPK Berharap Dijatuhi Hukuman Berat
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments