Sunday, November 28, 2021
Home DIMENSI Perbedaan Ekstensi Gambar JPEG dan RAW

Perbedaan Ekstensi Gambar JPEG dan RAW

ebagian orang pernah mendengar jenis ekstensi gambar seperti JPEG, PNG, GIF, dan RAW. Disini kita akan membahas perbedaan JPEG dan RAW. Sebenarnya apa perbedaan dari ekstensi gambar tersebut?

1. JPEG (Joint Photographic Experts Group)

Ekstensi JPEG ini sering kita temui pada format gambar umumnya. Jenis ekstensi ini sering kita temui pada website, aplikasi serta hasil pengambilan gambar dengan kamera ponsel dan kamera digital lainnya. Awalnya, file yang menyimpan hasil foto digital memiliki ukuran yang besar sehingga tidak praktis. Dengan format JPEG ini, hasil foto yang semula berukuran besar berhasil dikompresi sehingga ukurannya menjadi lebih kecil.

2. RAW

Data RAW sendiri merupakan data metah yang dihasilkan oleh kamera DSLR, Mirrorless, Prosumer bahkan sekarang kamera ponsel dapat mengambil gambar dengan format RAW. berbeda halnya dengan ekstensi JPEG, data RAW sendiri memiliki ekstensi yang berbeda dari setiap manufaktur kamera. Seperti Canon dengan CR2, Nikon dengan NEF, Sony dengan SR2 dan masih banyak lagi.

Ekstensi gambar apa yang sebaiknya kita gunakan?

Kembali kepada kebutuhan kita kita mengambil gambar untuk apa. Apabila kita mengambil foto selfie dan ingin langsung diposting pada akun instagram pribadi JPEG adalah pilihan yang baik.

Berbeda halnya apabila anda mengambil gambar dan anda ingin melakukan editing pada gambar tersebut seperti memperbaiki temperatur warna, exposure, hilight, shadow dan lainnya sebaiknya anda memilih RAW data karena data tersebut adalah data mentah yang dihasilkan kamera.

 

 

Sumber : Perbedaan Ekstensi Gambar JPEG dan RAW
Perbedaan Ekstensi Gambar JPEG dan RAW
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments