Wednesday, October 27, 2021
Home Nasional Permudah Kumpulkan Pajak, INDEF: e-KTP Jadi Single Identity Saja

Permudah Kumpulkan Pajak, INDEF: e-KTP Jadi Single Identity Saja

Ekonom dari Institute For Development of Economic & Finance (INDEF), Dr Aviliani mengatakan, sebaiknya pemerintah menjadikan elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) tak hanya sebagai tanda pengenal, tapi juga sebagai nomor untuk urusan perpajakan dan sebagainya.

Menurutnya, berapa jumlah saldo yang diminta pemerintah untuk bisa diakses tidak menjamin bisa dipakai sebagai indikator orang itu perlu NPWP atau tidak.

“Jadi menurut saya, kita kumpulkan seluruh KTP menjadi single identity saja. Itu memudahkan pemerintah. Karena dia akan bertransaksi dengan Notaris atau pelayanan publik itu justru lebih mudah dianalisa oleh pemerintah,” jelas Aviliani kepada Jitunews.com, di Pejaten Timur, Jakarta Selatan, Kamis (8/6).

Masih dari penuturan Aviliani, melihat dari program amnesti pajak yang hanya mampu memperoleh peserta hanya satu juta orang. Padahal tujuan awalnya, diberikan pengampunan pajak agar yang belum memiliki NPWP menjadi punya NPWP.

“Dalam paksa tax amenesty kalau melihat dari UU Amnesty itu berat lho karena saya lihat hanya satu juta orang yang ikut amnesty, berarti banyak puluhan orang yang belum ikut NPWP,” katanya lagi menambahkan.

Lalu, menurut Aviliani, dari 128 juta angkatan kerja Indonesia, yang taat benar-benar mengetahui gajinya dipotong untuk pajak oleh perusahaannya hanya sekitar 35-38 juta orang saja.

“Apa karena ketidaktahuannya sehingga mereka tidak tahu penghasilannya. Ini harus ada binaan khusus jadi tidak ditakut-takuti soal pajak,” ujarnya.

Ia berharap, yang harus dilakukan pemerintah yaitu sebagaimana yang juga dilakukan negara lain dengan menggunakan identitas tunggal.

“Mungkin e-KTP dijadikan single identity untuk urusan perpajakan, sehingga e-KTP tidak hanya sekedar e-KTP saja. Jadi nomor NPWP sama dengan KTP. Itu lebih tidak menakut-nakuti dan menimbulkan persepsi lain di masyarakat,” tuturnya.

Sumber : Permudah Kumpulkan Pajak, INDEF: e-KTP Jadi Single Identity Saja
Permudah Kumpulkan Pajak, INDEF: e-KTP Jadi Single Identity Saja
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments