Thursday, September 16, 2021
Home Nasional Perppu Pembubaran Ormas akan Dibacakan Hari Ini, Bagaimana Nasib HTI?

Perppu Pembubaran Ormas akan Dibacakan Hari Ini, Bagaimana Nasib HTI?

Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Pembubaran Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) telah ditandatangani Presiden Jokowi dan rencananya akan dibacakan hari ini, Rabu (12/7).

Hal tersebut disampaikan Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi, Johan Budi. “Saya tanya ke Presiden, Perppu sudah ada di tangan beliau. Katanya menugaskan Menko Polhukam untuk mengumumkan besok (hari ini),” kata Johan, Selasa (11/7).

Ditanya soal isi Perppu tersebut, Johan Budi enggan berkomentar. “Tanya ke Menko Polhukam saja yang tahu detailnya,” tambah Johan.

Hal senada juga disampaikan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siroj. Kepastian tersebut diperoleh setelah dirinya bertanya langsung kepada Presiden Jokowi. Meski demikian, ia juga mengaku tidak tahu pasti detail Perppu tersebut.

Inshaallah diumumkan besok (hari ini). Saya tidak tahu ormas mana yang akan dibubarkan. Saya tidak tanya. Mungkin nanti saya usul lagi kalau kurang,” ujarnya.

Pemerintah memang telah mewacanakan pembubaran ormas-ormas radikal yang dianggap tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Pada bulan Mei lalu, pemerintah bahkan telah mengusulkan pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) lantaran dianggap ingin mendirikan sistem pemerintahan khilafah.

“Aktivitas HTI nyata-nyata mengancam kedaulatan negara,” tegas Wiranto dalam jumpa pers di kantornya, Jumat (12/5).

Wiranto menjelaskan bahwa aktivitas yang dilakukan HTI di lapangan tampak mengancam kedaulatan negara. Ia mengatakan gerakan politik HTI mengusung ideologi khilafah.

“Khilafah itu bersifat transnasional. Transnasional itu artinya berdedikasi meniadakan negara bangsa untuk mendirikan pemerintahan Islam dalam konteks yang lebih luas lagi,” jelasnya.

 

Sumber : Perppu Pembubaran Ormas akan Dibacakan Hari Ini, Bagaimana Nasib HTI?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments