PERSONEL TNI AD BELAJAR DI LABORATORIUM DISKESAL

0
147

Sebanyak enam orang personel kesehatan TNI Angkatan Darat dari Lembaga Kesehatan Militer (Lakesmil) Puskesad TNI AD mengikuti pelatihan singkat pemeriksaan kualitas air bersih di Laboratorium Induk Subdiskesprev Diskesal. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 5 – 6 April 2018 bertempat di Labinduk P2PL Subdiskesprev Diskesal jl. Bendungan Hilir Jakarta Pusat.

Peserta diterima dan diarahkan langsung oleh Kasubdiskesprev Diskesal Kolonel Laut (K) Mariyono, B.Sc. Pada pelatihan kali ini peserta diajarkan materi tentang Teknik Pengambilan Sampel Air, Analisa Sampel Air secara Fisika, Kimia dan Bakteriologi, Penilaian Kualitas Air. Adapun metode sampling air yang digunakan terdiri dari sampling air mengalir, sampling air sumur dan sampling air kran (PDAM).

Sebagai informasi kepada peserta, Kolonel Mariyono yang bertindak sebagai instruktur menyampaikan bahwa Laboratorium Induk Diskesal memiliki alat canggih yang digunakan untuk pemeriksaan kualitas air, yaitu Spectrophotometer tipe DR 3900 dengan nama merk dagang HACH.

Tim Lakesmil terdiri dari 1 orang Pamen berpangkat Letkol, 3 orang Pama berpangkat Kapten, Lettu dan Letda dan 2 orang PNS. Pemeriksaan kualitas air sangat diperlukan oleh satuan-satuan tempur maupun fasilitas militer lain karena berhubungan langsung dengan kehidupan sehari-hari prajurit dan keluarganya. Selesai pelatihan singkat para peserta menyatakan puas dan bangga dengan ilmu yang diberikan dan berharap di waktu yang akan datang bisa kembali belajar di Labinduk Diskesal.

 

 

Sumber :
http://www.tnial.mil.id/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/45904/Default.aspx

Comments

comments