Saturday, October 16, 2021
Home ENERGI UMUM Pertamina Ingatkan Hal Ini kepada Warga Sebelum Mudik

Pertamina Ingatkan Hal Ini kepada Warga Sebelum Mudik

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, banyak masyarakat yang akan mudik maupun bepergian dalam jangka waktu yang lama. Karenanya, PT Pertamina (Persero) mengimbau kepada para pemudik untuk memeriksa kondisi tabung Elpiji sebelum pergi mudik. Beberapa perangkat pun harus dicabut terlebih dahulu agar kebocoran gas tidak terjadi.

“Sebelum meninggalkan rumah, sebaiknya pengguna tabung Elpiji memisahkan atau tidak menyambungkan tabung selang, regulator dengan kompor supaya tidak ada lagi aliran gas ke kompor. Langkah tersebut merupakan bentuk tindakan pencegahan untuk menghindari kebocoran pada selang,” ujar Vice President Gas Domestik ‎Pertamina, Kusnendar, di Jakarta, Selasa (20/6).

Setelah itu, lanjut Kusnendar, tabung Elpiji yang sudah dilepas dari regulator dan kompor sebaiknya ditempatkan pada tempat terbuka yang terdapat sirkulasi udara. Hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi kebocoran maka gas tidak akan terakumulasi dalam satu ruangan.

Elpiji itu lebih berat dari udara, jadi kalau bocor di situ saja (tidak menguap bersama udara), makanya butuh sirkulasi udara. Jika gas terakumulasi dalam satu ruangan maka potensi untuk meledak lebih tinggi. Jika ditempatkan di ruang terbuka maka gas bisa mengalir atau tersebar jika ada kebocoran,” ‎terangnya.

“Biasanya kebakaran terjadi karena gas yang bocor dari Elpiji dan mengendap pada satu tempat yang tidak bisa menguap ke udara kemudian terkena percikan api,” tambahnya.

Sebagai langkah antisipasi, Kusnendar mengingatkan masyarakat untuk mendeteksi adanya kemungkinan kebocoran gas dengan mencium baunya sebelum menyalakan listrik atau api.

‎”Karena begitu terakumulasi ada percikan dari saklar, bisa langsung meledak terbakar. Elpiji itu seperti korek api gas saja,” pungkasnya.

Sumber : Pertamina Ingatkan Hal Ini kepada Warga Sebelum Mudik
Pertamina Ingatkan Hal Ini kepada Warga Sebelum Mudik
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments