Sunday, November 28, 2021
Home Politik Pertemuan Sby-Prabowo, Momentum Merefleksikan Arti Kepemimpinan

Pertemuan Sby-Prabowo, Momentum Merefleksikan Arti Kepemimpinan

Beberapa hari terakhir publik tertuju pada pemberitaan seputar pertemuan antara Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, di Cikeas, pada hari Kamis, tanggal 27 Juli 2017 lalu. Berbagai kalangan pun menganggap pertemuan dua tokoh nasional ini sebagai upaya penjajakan koalisi menuju Pemilu 2019.

Pada kesempatan itu SBY mengatakan, banyak pelajaran di dunia ini, termasuk di Indonesia, bahwa perlu kehati-hatian dalam menggunakan kekuasaan. Dirinya pun menekankan agar jangan sampai kekuasaan itu melampaui batas dan terjadi penyimpangan kekuasaan.

Prabowo pun berpendapat senada. Menurut dia, perlu ada kelompok atau pihak yang melakukan pengawasan terhadap penguasa.

Sekalipun pertemuan ini tidak dapat dilepaskan dari kepentingan Pemilu 2019, namun beberapa kalangan menyebut pertemuan ini sebagai sebuah praktek kepemimpinan yang layak dicontoh.

Ketua Koordinator Sukarno-Way dan Peneliti Senior dari Universitas Persada Indonesia YAI, Kirasave Agung, mengatakan, pertemuan dua tokoh nasional itu seharusnya tidak hanya dipandang dari sisi politik semata.

Menurutnya, apa yang dilakukan dua tokoh itu merupakan praktek kepemimpinan yang positif.

“Jangan dipandang dari sisi politis semata. Pertemuan itu merupakan praktek kepemimpinan yang perlu diteladani. Saling berkompetisi, namun tetap menunjukkan saling menghargai. Bahwa sebagai pemimpin dituntut untuk mengabdi dan memotivasi masyarakat,” tutur Kirasave dalam keterangan tertulisnya kepada Jitunews.com, Selasa (1/8).

Kirasave lalu menegaskan, di tengah situasi Indonesia yang sedang dilanda krisis kepemimpinan dewasa ini, sudah sepatutnya setiap pemimpin memikirkan kembali arti kepemimpinan di tengah perbedaan.

“Secara tidak langsung pertemuan itu memotivasi masyarakat bahwa perbedaan bukanlah halangan. Padahal keduanya di masa yang lalu terlibat banyak perbedaan, tapi toh nyatanya tetap bisa bertemu. Jadi, saya gak bicara apa latar partainya dan siapa orangnya, tapi bicara soal refleksi kepemimpinan,” tutupnya.

 

 

Sumber : Pertemuan Sby-Prabowo, Momentum Merefleksikan Arti Kepemimpinan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments