Friday, October 22, 2021
Home Militer Pesan Jokowi di HUT TNI AU ke-71: Profesional dan Dicintai Rakyat

Pesan Jokowi di HUT TNI AU ke-71: Profesional dan Dicintai Rakyat

Usai melakukan kunjungan kerja di Provinsi Jawa Tengah, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi tiba kembali di Jakarta. Begitu tiba, Jokowi langsung mengunjungi Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma.
Kunjungan itu dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AU yang ke-71. Jokowi mengucapkan selamat ulang tahun kepada prajurit TNI AU, yang baru selesai melakukan aktraksi pada pagi hari.
“Selamat Hari Ulang Tahun ke-71 TNI Angkatan Udara,” kata Jokowi kepada prajurit TNI seperti dikutip dari Rilis Biro Pers, Media, dan Infomrasi Sekretariat Presiden, Minggu (9/4).
 

Terima kasih telah menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah udara Negara Kesatuan Republik Indonesia

– Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo –

 
Jokowi pun berpesan agar TNI AU selalu menjadi tentara profesional serta dicintai rakyat. Sebelum meninggalkan lokasi, Jokowi menyalami sejumlah pilot pesawat tempur yang sedang menyanyikan yel-yel dengan semangat.
 

Jokowi di dalam pesawat TNI AU

Jokowi di dalam pesawat TNI AU (Foto: Dok. Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

Jokowi juga sempat masuk ke kokpit pesawat Sukhoi 27/30 Flanker. Turut hadir mendampingi Jokowi dan Iriana yaitu Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.
Dalam perayaan HUT TNI AU ke-71, sejumlah atraksi ditampilkan. Dimulai dengan parade formasi 71 dari pesawat Tucano. Tak berselang lama, pesawat aerobatik JAT sukses membuat penonton berdecak kagum usai menghiasi angkasa dengan sejumlah parade fog yang diakhiri formasi ‘Love’.
 

Jokowi memberi selamat ulang tahun kepada TNI

Jokowi memberi selamat ulang tahun kepada TNI (Foto: Dok. Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

Belum putus mata ribuan masyarakat yang hadir dari sisa asap di udara, rombongan pesawat Sukhoi datang menarik perhatian. Pesawat ini melakukan manuver apik nan dihiasi parade flare.
Tak hanya demo udara, demo darat juga menyita mata dan bidikan ponsel. Pasalnya, personel TNI AU melakukan simulasi pertempuran serta simulasi bantuan tembakan udara (BTU). Tak tanggung-tanggung, simulasi ini diiringi dengan letupan boom di sejumlah titik.
 

Jokowi dan prajurit TNI AU

Jokowi dan prajurit TNI AU (Foto: Dok. Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

Suasana pertempuran sesungguhnya diperkuat dengan atraksi terjun payung operasi perebutan dan pengendalian pangkalan udara (OP3U) dan parade Hi Speed Pass dari F-16 dan Sukhoi.
Kadispen TNI AU Jemi Tri Sonjaya usai parade mengatakan bahwa perayaan HUT TNI AU tahun ini memang berbeda. “Demo-demo yang kita lakukan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Baik demo darat maupun udara. Demo udara ini, khususnya untuk HUT TNI AU, jarang ada demo simulasi pertempuran,” ujar Jemi.

Most Popular

Recent Comments